oleh

‘Beby Rong’, Inovasi Baru Dinas Ketahanan Pangan

Editor : Ashar Abdullah-Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BP – Hingga saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar terus melakukan inovasi. Dapat dilihat, lewat Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar segera menciptakan inovasi terbaru yaitu Beby Rong (Beli Bayar Produksi Petani Lorong).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar, Sri Susilawati mengungkapkan hal ini dilakukan sebagai upaya pembinaan pada kelompok tani di Kota Makassar.

“Rancangan ini menjadi bagian proyek peningkatan program ketahanan pangan. Tujuan Beby Rong untuk menyempurnakan pembinaan-pembinaan kami kepada kelompok tani lorong di Kota Makassar selama ini,” ungkapnya, Jumat (31/8/2018).

Sri melanjutkan, Beby Rong diharapkan sebagai pemenuhan kebutuhan setiap hari warga, juga dapat berorientasi untuk memperkuat aspek pemasaran terhadap hasil panen atau bercocok tanam di pekarangan rumah warga.

“Jadi kita mengajak masyarakat untuk tidak hanya memenuhi kebutuhan gizi rumah tangganya tetapi sudah pada aspek bagaimana kelebihan dari yang dikomsumsi itu bisa menambah pendapatan keluarga,” ucapnya.

“Jadi kami sudah berhitung tentang produksi, apalagi ini didukung oleh realisasi pemberdayaan wanita tani dan petani lorong lewat gerakan tanam serentak 1.000 lorong,” tambahnya.

Baby Rong, kata Sri, juga bertujuan untuk memberikan gambaran dan informasi kepada pelaku usaha dan mitra kerja untuk dapat menyerap hasil produksi petani. Hasil pertanian ini juga dapat terserap di beberapa pasaran, seperti mall dan mini market.

“Kita berharap hasil produksi petani bisa terserap ke pasar-pasar ritel lewat beby rong itu, kita sudah berkoordinasi. Dianyaranya Gelael, Carefour, Alfa Mard dan lain-lain,” jelasnya. (*)

Komentar