oleh

PMI Maros Jangkau 12 Desa Distribusi Air Bersih

Editor : Lukman Maddu-Daerah, Maros-

MAROS, BP — Palang Merah Indonesia (PMI) Maros telah mendistribusikan air bersih ke 12 desa ditiga kecamatan di Maros. Distribusi air bersih ini telah berlangsung sejak 16 Agustus lalu dan masih terus berlangsung.

Ketua PMI Maros AS Chaidir Syam mengatakan, setidaknya ada 12 desa jangkauan PMI Maros dalam mendistribusikan air bersih. 12 desa ini tersebar ditiga kecamatan yakni Lau, Bontoa dan Maros Baru.

Proses distribusi air bersih ini bahkan bisa berlangsung hingga pukul 03.00 dini hari. Air bersih yang dibagikan ke warga bisa digunakan hingga tiga hari.

“Ini bukti masyarakat sangat terbantu dengan distribusi air ini. Mereka rela menunggu sampai dini hari untuk mendapatkan air bersih. Distribusi air dilakukan pada sore hari karena menunggu waktu kumpulnya warga. Kalau pagi mungkin ada yang kerja sehingga nanti tidak kebagian air. Setiap desa itu membutuhkan sedikitnya 2-5 tangki sehari jadi pembagiannya bisa sampai malam bahkan dini hari,” ujar Chaidir.

Chaidir mengaku, dirinya terkadang turun langsung ke warga untuk membagikan air. Menurutnya, hal ini dilakukannya untuk menunjukkan rasa empaty terhadap kesusahan masyarakat.

“Tadi malam saya ikut distribusi air bersih di Kelurahan Pajukukang. Antusiasme warga menanti air bersih luar biasa, mereka rela antri berjam-jam agar dapat air bersih,” papar Ketua DPRD Maros dari fraksi PAN ini.

Dia menambahkan, kedepan pemerintah harus memikirkan solusi terbaik dari permasalahan air bersih ini khususnya yang bermukim di pesisir agar masalah air bersih ini tidak lagi berulang dimasa yang akan datang. (*)

Komentar