oleh

Peringati Hari Literasi Internasional, Pustaka Jeruji – Yakabus Gelar Workshop Penulisan Bagi WBP Lapas Maros

Editor : Lukman Maddu-Daerah, Maros-

MAROS, BP – Ada banyak cara memperingati Hari Literasi Internasional yang jatuh pada tanggal 8 September setiap tahunnya. Memperingati momentum tersebut, sebanyak 40-an orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang memenuhi syarat telah menjalani sepertiga masa pidananya terpilih mengikuti pelatihan Menulis Karya sastra, tutur Nawir, petugas yang aktif mendampingi pengelola Pustaka Jeruji di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Maros.

Kepala Seksi Pembinaan Lapas Maros, Simung mengatakan, jika selain WBP yang terpilih ini, juga diberi kesempatan kepada yang memiliki minat, bakat dan kegemaran di bidang penulisan.

“Semua ini berdasarkan hasil seleksi sesuai aturan yang ada,” katanya, di sela-sela acara yang berlangsung santai dan menyenangkan itu.

Sementara itu, Kepala Seksi Keamanan dan Ketertiban KB Andi Baso, mewakili Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Maros, Indra Setiabudi, pada sambutannya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Yayasan Kerja Bersama untuk Semesta (YAKABUS) yang tak bosan-bosannya bermitra dengan Lapas Klas II A Maros sehingga Aktivitas pembinaan maupun kegiatan kerja dapat semakin bergairah.

“Mohon kegiatan-kegiatan serupa agar ditingkatkan pada masa-masa mendatang. Bagaimanapun Bapak Indra selaku Kalapas yang baru, akan mendukung kegiatan-kegiatan berbasis literasi,” ungkapnya, Minggu (09/09).

Mengutip Indra Setiabudi, Kasi Kamtib mengungkapkan bahwa pihaknya siap mengembangkan aktivitas literasi sebagai strategi dalam pembinaan. Pihaknya juga berterima kasih kepada Andhika Mapasomba dan Arniati Shaleh selaku narasumber pada Workshop penulisan ini.

Kegiatan tersebut digelar juga untuk mengasah kemampuan Literasi warga binaan agar lebih tertarik dan memahami makna literasi yang sesungguhnya dan dapat mengaktualisasikan pengetahuan yang didapatkannya dalam menggeluti cinta literasi atau baca buku.

Penanggung Jawab Acara yang juga inisiator Pustaka Jeruji, Salahudddin Alam mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan berkat sikap tangan terbuka dan dukungan penuh dari Pihak Lapas.

“Pihak Lapas sangat mendukung kegiatan kami, baik Kalapas yang lama mau pun Kalapas yang baru ini. Meski dengan segala keterbatasan sumber daya yang ada. Tapi itu menjadi penyemangat kita di pengelola Pustaka Jeruji,” tutur Sekretaris Yakabus ini.

Komentar