oleh

Baca Pesan

Editor : Ashar Abdullah-Kolumnis-

Kecepatan dan kecanggihan teknologi, khususnya dalam bidang smartphone, menuntun anak manusia jaman now mudah berkomunikasi setiap saat dan di mana pun mereka berada. Orang-orang yang telah berpisah lama dan tak ada kabar, kini kembali mudah tersambung. Kendati masih ada orang kadang tertipu atau menjadi korban karena berita dan pesan yang tidak benar.

Ragam dan jumlah informasi dan pesan pun yang masuk di setiap pengguna handphone setiap hari, siang dan malam sering tak terbilang, ratusan bahkan jutaan pesan.

Tentu banyak orang seperti saya, rajin mengamati judul, muatan, dan sumber berita dan pesan yang masuk ke handphone saya. Saya mengelompokkannya ke dua bentuk: berita dan pesan yang baik dan mencerahkan, saya baca, puji dan terkadang share ke grup dan orang tertentu. Tapi berita dan pesan yang tidak jelas asal-usulnya, menjemuhkan, dan tidak mendidik, kuat dugaan itu hoax,palsu, saya langsung delete.

Saya membayangkan betapa indahnya hidup ini, bermedia sosial-ria jika setiap orang menyadari pentingnya nilai fungsi sebuah handphone, alat komunikasi dan sumber beragam berita dan pesan yang dipakai untuk berbagi berita dan pesan yang baik, simple (tidak panjang), dan etis, dan sahih (valid).

Mendesak. Dibutuhkan kesadaran bersama (kolektif) untuk lebih selektif sebelum mem-posting, dan memviralkan berita simple dan pesan baik ke orang lain. Jika tradisi baik dipraktekkan, orang lain selalu menunggu berita dan pesan baik dari handphone Anda. Saya percaya itu.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Terima kasih. Tanah Abang, 13 September 2018. M. Saleh Mude

Komentar