oleh

Polda Ringkus Pelaku Penipuan Undian Whatsapp di Parepare

Editor : Lukman Maddu-Hukum-

MAKASSAR, BP – Personel Subdit II Ditreskrimsus Polda Sulsel kembali berhasil meringkus pelaku penipuan online di Jalan Lasiming, Kecamatan Ujung, Kota Parepare.

Pelaku diketahui M Haswan bin Suwardi (22). Ia ditangkap lantaran diduga kerap melakukan penipuan dengan modus undian yang mengatasnamakan dari PT. Whatsapp.

“Pelaku mengatasnamakan dirinya dari pihak PT Whatsapp kemudian mengirimkan sms kepada nomor yang telah diacak. Isi pesannya ini itu berbunyi selamat anda terpilih sebagai pemenang pesta undian berhadiah Whatsapp,” ungkap Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sulsel, Kombes Pol Yudiawan Wibisono, Jumat (5/10).

Kombes Yudiawan menerangkan, tersangka penipuan secara online ini ditangkap setelah adanya laporan dari masyarakat terkait aksi penipuan oleh sebuah link.

Dimana, pelaku mengirimkan sebuah link yakni www.infohadiah29tbk.blogspot.com berupa informasi pesta undian berhadiah dari PT Whatsapp 2018.

“Atas laporan itu, anggota langsung bergerak menuju ke Kota Parepare dan menangkap pelaku setelah melakukan penyelidikan dan menemukan alamat link tersebut,” terangnya.

Selain itu, kata Yudiawan, pihaknya juga berhasil menyita berbagai barang bukti. Diantaranya 6 unit handphone, 68 modem, 4 unit laptop, 3 port USB, 2 buah buku manifest, 1 bungkus SIM card dan 2 buah ATM.

“Atas perbuatannya, pelaku saat ini telah diamankan di Mapolda Sulsel untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut,” pungkasnya. (*)

Komentar