oleh

Disoal, Pembangunan Pustu Ajakkang Sedot Dana Fantastis

Editor : Lukman Maddu-Barru, Daerah-

BARRU, BP – Anggaran pembangunan puskesmas pembantu (pustu,red) di Desa Ajakkang Kecamatan Soppeng Riaja, Kabupaten Barru dipertanyakan sejumlah kalangan.

Pembangunan 1 unit gedung puskesmas pembantu tersebut ‎menelan biaya sebesar Rp500 juta lebih.

‎Nilai anggaran yang cukup besar, jika dibandingkan dengan 2 unit pembangunan rumah dinas dokter dan bidan yang menelan anggaran Rp480 juta lebih.

‎Kepala Sub Bagian Program dan Keuangan yang juga selaku PPK kegiatan, Ermy Eka Niswan SKM,M,Kes, saat ditemui Selasa (9/10) membenarkan kegiatan tersebut.

“Semua kegiatan kami melalui mekanisme lelang di ULP Barru dan sudah berlangsung sejak beberapa bulan lalu,” kata Ermy.

Sedangkan anggaran tersebut, lanjut Ermy bersumber dari APBD Kabupaten Barru dengan masa kerja 120 hari kalender dimulai sejak bulan Juli lalu.

“Adapun terkait dengan konsultan perencanaan dan pengawasan melalui mekanisme lelang juga. Namun sesuai aturan jika nilai perencanaan dan pengawasan dibawah 50 juta, maka kami lakukan penunjukan lansung, seperti di pembangunan pustu, rumah Dokter dan Bidan,” terangnya.

“Dan semua harga satuan untuk pustu Ajakkang satu harga dengan ‎rumah dokter dan bidan di Mallawa sebab konsultannya sama,” ungkap Ermy.

Lanjut Ermy, pembangunan Pustu Ajakkang dari sisi biaya memang agak besar jika dibandingkan dengan bangunan yang ada di Kelurahan Mallawa. Sebab pustu Ajakkang bangunannya lengkap.

“Seperti contoh dari struktur pondasi bangunan yang cukup tinggi otomatis banyak timbunan yang dipakai. Kemudian bagian depan pustu berfungsi sebagai puskesmas pelayanan pasien sedangkan pada bagian belakang sebagai tempat tinggal bidan Desa,” tutup Ermy. (*)

Komentar