oleh

Jadi Pembicara Pada Diskusi Pers, Ini Harapan Ajiep Padindang

Editor : Lukman Maddu-Politik, Wakil Rakyat-

MAKASSAR, BP – Anggota DPD RI Dr. H. Ajiep Padindang, SE.,MM, menjadi Narasumber dalam Diskusi Pers yang mengangkat tema “Peranan Pers dalam Pencerdasan Pemilih” di Hotel JL-STARS Panakkukang Makassar, 4 November 2018.

Diskusi Pers ini juga dihadiri oleh Ketua Yasasan Lembaga Pers Sulawesi Selatan (YLPS2) Dr.H. Dahlan Abubakar, M.Hum., Jamal Andi, S.Sos., M.Si., dan Dr. Sudirman Muhammadiyah, M.Si. (Akademisi) sebagai Narasumber, dan sekitar seratus orang peserta dari kalangan Pers yang berasal dari Sulsel, Sulteng, Sultra, dan Sulbar.

Dalam menyajikan materinya, Ajiep Padindang, menyampaikan tentang kondisi Pemilu di Indonesia dari masa ke masa. Ajiep Padindang mencemaskan kondisi perpolitikan kekininan, dimana fenomena sejak Pemilu 2014, menunjukkan gejala retrogresi, yakni pemburukan kualitas politik kebangsaan, akibat polarisasi dukungan politik yang menghadirkan kebencian antarpendukung dan Politik Transaksional.

Ajiep Padindang mengharapkan agar Diskusi Pers ini dapat menambah wawasan politik bagi masyarakat khususnya kalangan Pers; Sebagai Gerakan Pencerdasan Pemilih untuk Pemilu yang bermartabat; Mendidik masyarakat untuk tidak terjebak Politik Transaksional; dan Mendidik masyarakat untuk mengedepankan Politik Kebangsaan.

“Hal penting dilakukan karena Pemilu 2019 menghadapi ancaman Politisasi Identitas (SARA); Politik Transaksional; Berita HOAX dan Ujaran Kebencian; dan Kekerasan Fisik,” kata Ajiep.

Oleh karena itu, Ajiep Padindang mengharapkan kalangan Pers menjunjung tinggi Prinsip Jurnalisme yaitu; Akurasi, Fairness, dan Equality.

“Pers diharapkan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang Pemilu 2019 (serentak) yang berbeda dengan Pemilu sebelumnya. Mitra Penyelenggara Pemilu dalam melakukan sosialisasi Tahapan Pemilu, Menyebarluaskan Informasi mengenai proses dan ketentuan Pemilu serta Hak dan Kewajiban pemilih, Melakukan Pendidikan Politik kepada masyarakat, dan Melakukan kontrol terhadap pelaksanaan Pemilu,” ujarnya.

Menghadapi Pemilu 2019, Ajiep Padindang mengimbau agar semua kalangan mengedepankan Politik Kebangsan dimana pilarnya adalah Pancasila, UUD RI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal IKa. (*)

Komentar