oleh

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Bupati Bantaeng Wajibkan Makanan Tradisional Hadir di Setiap Event

Editor : Lukman Maddu-Bantaeng, Daerah-

BANTAENG, BP – Sebagai negara agraris dengan Sumber Daya Alam melimpah, Indonesia haruslah tampil menjaga dan mewujudkan ketahanan pangan di seluruh daerah termasuk di Kabupaten Bantaeng.

Mewujudkannya tentu harus bersinergi seluruh elemen Pemerintah dan Masyarakat. Untuk itu Pemkab Bantaeng melalui Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bantaeng menggelar Rapat koordinasi (Rakor) di Ruang Pola Kantor Bupati Bantaeng, Kamis (8/11).

Kepala UPT Balai Pengawasan Mutu dan Keamanan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulsel, Hasnawaty Habibie mengatakan bahwa untuk menciptakan SDM yang inovatif dan produktif tidak hanya dengan asupan gizi yang baik dan genetik tapi lebih penting lagi faktor keamanan pangan.

“Faktor keamanan pangan menjadi sangat penting. Jadi untuk mewujudkan ketahanan pangan yang aman menjadi tanggung jawab semua elemen masyarakat dan pemerintah,” tuturnya.

Sementara Bupati Bantaeng, Dr. Ilham Azikin selaku Ketua Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Bantaeng mengatakan bahwa Rakor bertemakan “Pangan sehat untuk Sumber Daya Manusia Inovatif dan Produktif ” diyakini penting dan sejalan dengan komitmen Pemkab Bantaeng untuk 5 tahun ke depan khususnya pembangunan SDM.

“Pemanfaatan ketahanan pangan membutuhkan contoh dari kita semua. Jangan lagi ada kue-kue dari mall, makanan tradisional seperti lebih baik untuk kita konsumsi,” tegasnya disambut tepuk meriah.

Dia mengapresiasi langkah Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bantaeng yang menyajikan makanan olahan hasil pangan lokal seperti ubi, talas, buah naga dan sebagainya.

Lebih lanjut Bupati yang terbilang masih muda itu mengajak segenap elemen di Bantaeng pada khususnya untuk senantiasa memanfaatkan pangan lokal dalam setiap perhelatan acara.

“Jangan sampai kita selalu mengkampanyekan ketahanan pangan sedang yang tersaji di hadapan kita tidak mencerminkan akan ketahanan pangan,” tutupnya.

Komentar