oleh

Lagi, Parepare Raih Kota Sehat Level Tertinggi

Lukman Maddu-Daerah, Headline, Parepare-

PAREPARE, BP – Kota Parepare berhasil mempertahankan predikat sebagai Kota Sehat level tertinggi dengan penghargaan Swasti Saba Wistara atau kelas pengembangan.

Penghargaan dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 yang diserahkan Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah kepada Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe di Rujab Gubernur Sulsel, Selasa, (13/11/2018) ini, merupakan penghargaan kali kedua pasca dilantik 31 Oktober 2018.

Penghargaan sebagai Kota Sehat ini merupakan penghargaan kali pertama yang digelar Pemerintah Provinsi Sulsel, yang sebelumnya Pemkot Parepare juga meraih penghargaan yang sama pada level nasional oleh Kementerian Kesehatan.

Dalam kiprah penyelenggaraan kota sehat yang resmi digelar tahun 2005 lalu secara nasional, Parepare tercatat sudah lima kali meraih penghargaan kota sehat.

Dalam penilaian kota sehat yang berlangsung pertama kali pada 2007 lalu, Parepare langsung meraih penghargaan kota sehat kategori Swasti Saba Padapa. Padapa merupakan klasifikasi penghargaan untuk kelas pemantapan bagi kabupaten/kota.

Penilaian kota sehat berlangsung dua tahun sekali. Pada penilaian kota sehat berikutnya tahun 2009 dan tahun 2011, Parepare kembali meraih penghargaan kota sehat kategori Wiwerda. Wiwerda merupakan penghargaan kota sehat yang diberikan kepada kabupaten/kota untuk kategori pembinaan.

Sempat absen dalam perhelatan kompetisi kota sehat pada 2013, Parepare kembali unjuk gigi pada tahun 2015. Melalui tangan dingin wali kota terpilih saat itu, HM Taufan Pawe, Parepare sukses meraih penghargaan kota sehat kategori kelas puncak yaitu Swasti Saba Wistara.

Wistara merupakan penghargaan terbaik kota sehat dengan kualifikasi penilaian tertinggi. Taufan mencatatkan dirinya dalam sejarah bagi kota kelahiran Presiden Ketiga RI, Prof BJ Habibie, sebagai wali kota pertama yang meraih kota sehat lima kali.

Komentar