oleh

Kakanwil Serahkan KMA Penegerian 3 Madrasah di Sulsel

Lukman Maddu-Metro-

MAKASSAR, BP – Berbeda dengan biasanya, pelaksanaan seremoni Upacara Hari Kesadaran Nasional di Halaman Upacara Kanwil Kemenag Sulsel kali ini diisi dengan acara tambahan yakni Penyerahan Surat Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 535 Tahun 2018 Kepada dua Kemenag di Sulsel yakni Kakan Kemenag Kab. Luwu H. Muh. Jufri dan Kasi Penmad Kemenag Kab. Gowa, H. Abd. Rahman.

KMA tersebut terkait Penegerian 48 madrasah Swasta, termasuk 3 (tiga) diantaranya merupakan Madrasah di Sulawesi Selatan. Dimana secara resmi sudah diserahkan langsung oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin kepada Para Kakanwil Propinsi atau yang mewakili pada tanggal 29 Oktober 2018 di Acara Peresmian PTSP Kemenag Prov. Riau.

Menurut Kepala Seksi Kelembagaan dan Sistem Informasi pada Bidang Pendidikan Madrasah, H. Muliady Iskandar Idy, mengatakan bahwa tahun 2018 ini Sulsel menerima SK Penegerian Madrasah Swata sebanyak 3 (tiga) buah dari 48 Madrasah se-Indonesia yang terdiri dari 16 Madrasah Aliyah (MA), 26 Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan 6 Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Ketiga Madrasah di Sulsel tersebut yakni MtsN 2 Luwu (yang dulu bernama MTs Sampona, Luwu, Sulawesi Selatan), MTsN 3 Luwu (sebelumnya adalah MTs Buntu Batu, Luwu, Sulawesi Selatan), dan MIN 2 Gowa (dulu bernama MI Bontocinde, Gowa, Sulawesi Selatan).

Menurut H. Muliady mengutip ucapan Menteri Agama RI bahwa, peresmian penegerian 48 madrasah ini upaya untuk menghadirkan pemerintah di tengah-tengah masyarakat, khususnya dalam bidang keagamaan.

“Jadi mudah-mudahan madrasah-madrasah negeri bisa jadi role model di masyarakat, lingkungan, dan khususnya kepada madrasah swasta dengan cara mengembangkan diri,” ujarnya.

Menag juga menjelaskan, saat ini terdapat 3.939 madrasah di Indonesia, baik MI, MTs, dan MA. Menurutnya, jumlah ini masih terbilang sedikit. Untuk itu, pemerintah berkomitmen untuk memberikan perhatian kepada masyarakat di bidang pendidikan dan keagamaan dengan mendirikan lebih banyak madrasah di setiap daerah, Jelas H. Muliady

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel H. Anwar Abubakar mengatakan, pihaknya mengucapkan rasa syukur tidak terhingga atas Terbitnya KMA Menteri Agama terkait Penegerian 3 Buah Madrasah kita di Sulsel, kita masih harus berjuang dan memperjuangkan sejumlah madrasah lainnya untuk dinegerikan.

“Semoga dengan berkah akhir tahun ini, minat masyarakat untuk mempercayakan pendidikan anaknya di madrasah semakin bertambah,” harapnya.

Komentar