oleh

Atasi Masalah Kulit dan Rambut di Rumah dengan Terapi OTC

Editor : Ashar Abdullah-Gaya Hidup, Kesehatan-

JAKARTA, BP – Merawat kulit membutuhkan penanganan rutin seiring dengan bertambahnya usia dan masalah yang dialami setiap individu. Namun, banyak yang kerap meremehkan perawatan kulit. Padahal, kulit merupakan organ yang mencerminkan kualitas kesehatan seseorang dan merupakan organ tubuh yang sangat kompleks serta membutuhkan perhatian dan perawatan yang beragam sesuai dengan iklim sekitar, usia, jenis kelamin, ras, genetik dan lokasinya pada tubuh.

Kulit juga berperan penting dalam mengatur suhu tubuh, merupakan organ tubuh kita yang terbesar. Orang dewasa rata-rata memiliki permukaan kulit seluas 1.5 – 2 meter dengan berat sekitar 16 persen dari berat tubuhnya. Karena sifat kulit setiap individu berbeda, masalah kulit yang timbulpun berbeda.

Usia juga sangat menentukan perbedaan karakteristik kulit dan masalahnya, seperti pada usia 20-an masalah yang umum dialami antara lain seperti kulit wajah berminyak, tampak kusam, mudah berjerawat, memiliki bekas jerawat, dan lain sebagainya. Pada usia 30-an, di samping masalah jerawat yang kadang masih terjadi, usia ini juga sudah berpotensi memiliki tanda-tanda penuaan dini kulit, Sementara pada usia 40-an, di samping mulai munculnya masalah kulit seperti bercak hitam atau flek, garis halus, kerut dan kendur karena penuaan kulit, ada kemungkinan terjadinya tumor kulit ataupun masalah kulit lainnya.

Dalam hal ini, Erha telah mengedepankan konsep personalized program di mana pasien bisa berkonsultasi langsung dengan dermatolog untuk memahami secara mendalam mengenai jenis dan kondisi kulit yang sedang dialami. Dengan begitu, jenis terapi yang diberikan pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasien.

Head of Bussines Development Erha dr Norita Sembada mengatakan, semua orang berhak memiliki kulit yang sehat dan pengetahuan yang tepat mengenai cara merawat kulit. Karena hanya dengan melakukan perawatan dan memiliki pengetahuan yang tepat, seseorang bisa mencapai kualitas kulit terbaiknya.

“Contohnya, menerapkan perawatan harian tidaklah cukup jika individu tersebut hanya rajin mencuci wajah dan menggunakan pelembap tetapi membiarkan kulitnya terpapar sinar matahari tanpa perlindungan tabir surya,” jelas dr. Norita Sembada.

Menurut dr. Norita, ada 4 langkah perawatan harian pagi hingga sore yang perlu diterapkan untuk semua jenis kulit. Tahap pertama, cleanse atau membersihkan dengan tujuan menghilangkan minyak, kotoran, polusi yang mana bila tidak dibersihkan akan dapat menyebabkan kulit kusam, tidak bercahaya, berminyak, pori-pori tersumbat, meradang serta dapat tumbuh jerawat dan komedo.

Tahap kedua adalah tone, atau pemakaian toner dengan tujuan melembabkan dan menyegarkan kulit, mengecilkan pori serta menjaga keseimbangan pH kulit. Yang ketiga adalah hydrate, atau melembabkan kulit dengan memberikan nutrisi untuk perbaikan kulit. Yang keempat adalah protection, atau melindungi kulit dengan mengaplikasikan SPF untuk mencegah penuaan ekstrinsik yang disebabkan oleh sinar matahari.

Komentar