oleh

Disdukcapil Parepare Bakal Blokir Sementara Data Kependudukan

Editor : Lukman Maddu-Daerah, Parepare-

PAREPARE, BP – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan memblokir sementara data penduduk yang tidak melakukan perekaman KTP Elektronik hingga 31 Desember 2018.

Penegasan ini disampaikan Kepala Bidang Pengelolaan Data dan Informasi, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Parepare, Adi Hidayat Saputra, Selasa, (27/11/2018).

“Jika hingga 31 Desember nanti belum melakukan perekaman E-KTP maka data kependudukannya akan dinonaktifkan hingga mereka melakukan perekaman kembali,” ujar Adi Hidayat.

Pemblokiran sementara ini dimaksudkan untuk mendapatkan data kependudukan yang akurat, sehingga tidak ada lagi data kependudukan ganda.

“Selain itu, hal ini juga berkaitan dengan validasi data pada Pemilu 2019 mendatang, kita lakukan pemutakhiran data pada wajib E-KTP. Selanjutnya bagi pemilih pemula yang akan berumur 17 tahun hingga 17 April mendatang, maka boleh melakukan perekaman E-KTP sekarang, tapi untuk kartu fisiknya belum bisa diterbitkan, nanti berumur 17 tahun baru bisa diterbitkan,” jelas Adi.

Hingga kini lanjut dia, merujuk dari data bulan Oktober kemarin hingga kini masih sekira 700 orang yang belum melakukan perekaman E-KTP.

“Nah, inilah yang kami jemput sekarang. Kami datangi sekolah-sekolah, lansia, dan penyandang disabilitas. Kita juga menurunkan tim ke setiap keluarahan untuk mengecek apa yang bersangkutan sudah meninggal, pindah domisili dan sebagainya agar bisa kami validasi disini. Hingga kini sudah ada 98.213 yang sudah melakukan perekaman dan itu sudah terkonfirmasi dan bisa dipastikan datanya tidak ganda,” tandasnya. (*)

Komentar