oleh

Kecamatan Tallo Gelar Sosialisasi Pengembangan Usaha Melalui KBT

Editor : Lukman Maddu-Metro-

MAKASSAR, BP – Mewakili Camat Tallo, H Ruly Nurdin Sos.,MSi, Kepala Seksi Pembangunan dan Perekonomian (Ekbang) Kecamatan Tallo, Muhammad Hatta, membuka Sosialisasi pengembangan usaha mikro dan industri rumah tangga lorong melalui Klinik Bisnis Terpadu (KBT) tingkat Kecamatan Tallo yang digelar di halaman kantor kecamatan Tallo, Jalan A,R.Hakim No. 54 Makassar, Rabu, (28/11/2018).

Muhammad Hatta menjelaskan, KBT adalah salah satu program pemberdayaan ekonomi Lorong yang dibangun dari prakarsa komunitas masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar lorong.

”Pengembangan Klinik Berbasis Terpadu (KBT) mengacu pada Perwali Kota Makassar No 14 tahun 2010, bertujuan memfasilitasi UMKM dalam rangka pengembangan usahanya,” kata Muhammad Hatta.

Muhammad Hatta, menekankan pentingnya Klinik Bisnis Terpadu dalam upaya pengembangan UMKM. Dimana KBT memiliki peran yang strategis sehingga peranannya perlu diperkuat.

“Kegiatan ini menarik sekali, sebab melibatkan berbagai pihak dalam upaya peningkatan ekonomi kerakyatan, untuk KBT kecamatan Tallo, kami libatkan pelaku usaha Alfamart dan Indomart, pelaku usaha ini perlu diperkuat perannya untuk menopang pengembangan UMKM, hasil UMKM bisa dipasarkan oleh kedua pelaku usaha ini,” kata Muhammad Hatta.

Muhammad Hatta, melanjutkan para pembinaan UMKM di Kecamatan seperti Forum Komunikasi Bank Sampah kecamatan Tallo, perlu memberikan penguatan pemahaman dan kapasitas, dengan melakukan studi komparasi di wilayah yang UMKM-nya lebih maju, dimana pelaku usaha akan membentuk pelatihan pengembangan usaha, dan daur ulang atau HandCraft, dalam hal ini Alfamart dan Indomart.

Hadir sebagai narasumber sosialisasi KBT, Dr Sakka Pati selaku ketua Pokja Bulo Dewan Adipura kota Makassar, peserta sosialisasi dari pelaku UMKM kecamatan Tallo, Tokoh Masyarakat dan warga Kecamatan Tallo, perwakilan dari pelaku usaha Alfamart dan Indomart. (*)

Komentar