oleh

Disdukcapil Parepare Terbitkan Kartu Identitas Bagi Anak

Editor : Lukman Maddu-Daerah, Parepare-

PAREPARE, BP – Meskipun masih uji coba, namun jumlah anak yang sudah melakukan perekaman Kartu Identitas Anak (KIA) di Parepare sudah mencapai 6022 dari target 51.658 jiwa. Hal itu diungkap Kepala Bidang (Kabid) Pencatatan Sipil, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Parepare, Yohanis Rante.

“Tahun depan baru kita galakkan, inikan baru uji coba. Kita akan menjemput bola, kita akan datangi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar (SD) di Parepare. Setelah itu, kita lanjut ke Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tentunya kita sudah kerjasama dengan Dinas Pendidikan juga,” ungkap Yohanis saat ditemui di kantornya, Kamis (29/11/2018).

Penerbitan KIA kata dia, cukup membawa Kartu Keluarga (KK) dan akta kelahiran anak.

“KIA ini ada dua golongan, anak berusia 0 hingga 5 tahun kurang sehari dicetakkan KIA tanpa foto dengan syarat bahwa anak sudah memiliki akta kelahiran, sedangkan untuk anak berusia 5 tahun hingga 16 tahun wajib melakukan foto untuk penerbitan KIA. Tentunya hal ini adalah hak semua masyarakat untuk memperoleh identitas,” jelasnya.

Yohanis menambahkan, pihaknya juga sudah mengajukan anggaran untuk memenuhi target wajib KIA melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Iya, kita sudah ajukan anggara untuk memaksimalkan penerbitan KIA nantinya,” tambahnya. (*)

Komentar