oleh

Kasus Perdata Pasar Sentral Masuk Babak Awal

-Hukum
MAKASSAR, BP – Setelah sempat ditunda, sidang perdana gugatan lahan pasar sentral akhirnya mulai di Kantor Pengadilan Negeri Makassar, Kamis (6/12)
Gugatan perdata kepemilikan lahan pasar sentral Makassar yang diajukan oleh pedagang diketahui menempuh jalur gugatan Clas actions
Hal itu dikarenakan sebagaimana diatur dalam Peraturan Mahkamah Agung no 1 tahun 2002, di mana sebelum masuk ke dalam tahap pembacaan gugatan.
Terlebih dahulu hakim memeriksa berkas penggugat terkait sah dan tidaknya gugatan tersebut untuk masuk dalam gugatan Clas Actions.
Kuasa Hukum pedagang pasar sentral, Gunawan mengungkapkan, pihaknya telah menyerahkan syarat formil berupa kelengkapan berkas dan alasan hak pedagang sebagai bukti awal kepemilikan lahan yang merupakan objek yang diperkarakan.
”Alhamdulilah kami sudah menyerahkan syarat formil, sesuai dengan peraturan mahkamah agung. Tadi, kurang lebih 100 yang kami serahkan kepada majelis hakim,” Ujar Gunawan
Sementara itu Pengacara PT. MTIR, Muryadi mengungkapkan, jika gugatan tersebut tidak memenuhi syarat untuk masuk dalam klasifikasi clas action.
Menurutnya materi gugatan yang dilayangkan bersifat kabur, pasalnya dalam hal kerugian berbeda, terlebih data yang dimasukkan berbeda dengan berkas yang dimasukkan ke dalam materi gugatan.
” Intinya begini, dari segi kerugian saja sudah beda, antara pedagang lapak dan pedagan kios, selain itu data yang diserahkan sudah beda tadi hanya sekitaran 150 an orang, sedang dalam gugatan, 1500,” terangnya.
Diketahui, pembacaan penetapan klasifikasi clas action tersebut akan dibacakan oleh hakim pada Senin (13/12) pekan depan.
Sebelumnya, sidang agenda pembacaan gugatan tersebut dinyatakan ditunda dikarenakan Sidang alasan Pemkot dan PT. MTIR belum menyiapkan kuasa hukumnya. (*)

Komentar