oleh

Kejar KKB, Polda Jatim Kirim 100 Brimob ke Papua

-Hukum

SURABAYA, BP – Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) memberangkatkan 1 kompi atau 100 personel pasukan Brigade Mobil (Brimob) ke Papua. Pemberangkatan dilakukan Rabu malam (5/12).

Semua pasukan diberangkatkan menggunakan pesawat Sriwijaya Air melalui Bandara Internasional Juanda. Nantinya, mereka akan bergabung untuk mem-back up Polda Papua dalam pengejaran Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang membantai puluhan pekerja infrastruktur Jalan Trans Papua.

“Teknisnya (membantu, Red) seperti apa akan kami serahkan ke Polda Papua yang lebih paham situasi di sana,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera Rabu (5/12).

Dia menuturkan, untuk pasukan yang dikirim merupakan pasukan yang sudah dipilih sesuai kemampuan masing-masing. Di sana, lanjut Barung, mereka nanti tidak hanya mengejar KKB. Akan tetapi juga siap dikirim ke daerah yang membutuhkan, seperti ke Kabupaten Nduga dan Tembagapura.

Seperti diketahui, sekitar 31 orang tewas ditembak KKB saat membangun Jalan Trans Papua Sabtu (1/12). Mereka yang umumnya para pekerja diduga dibunuh saat bekerja membangun jembatan di Kali Urak dan Kali Yigi Kabupaten Nduga. (rus/rud)

(sb/rus/jay/JPR)

Komentar