oleh

Pondok Pesantren IMMIM Gelar Pelatihan Berbasis E-Learning

Editor : Lukman Maddu-Edukasi-

MAKASSAR, BP – Yayasan Pondok Pesantren Pendidikan Al Quran IMMIM menggelar pelatihan pembelajaran berbasis E-Learning bagi seluruh pengajar SMA/MA IMMIM.

Pelatihan ini bertema “Pelatihan E Learning Guru Pesantren IMMIM Menuju Pesantren Berbasis IT” dilaksanakan di kampus 2 Immim Putra Moncongloe, Sabtu (8/12).

Pelatihan tersebut bertujuan mempersiapkan tenaga pengajar untuk menggunakan teknologi khususnya metode pembelajaran E- Learning yang akan diterapkan tahun ajaran 2019 mendatang.

Hal itu diungkapkan ketua Yayasan Pondok Pesantren Pendidikan Al Quran IMMIM, Ir Hj Nurfadji Fadeli Luran saat di temui di lokasi pelatihan.

“Pelatihan ini memiliki tujuan untuk mempersiapkan kemampuan seluruh pengajar dalam menggunakan perangkat teknologi dan sistem informasi E-Learning yang akan disimulasikan mulai semester genap 2018/2019. Sedangkan pendampingan sudah dimulai sejak awal tahun ajaran 2018/2019 lalu,” paparnya.

Ulfa–sapaannya, menjelaskan tidak mudah melakukan perubahan metode pembelajaran dari konvensional ke digital, utamanya karena lokasi pesantren IMMIM Putra Moncongloe yang berada di pedalaman sehingga akses jaringan internet terbatas. Oleh karena itu Pesantren IMMIM bekerjasama dengan Telkomsel dalam pembangunan tower jaringan internet khusus.

“Untuk mendukung hal itu, di lingkup pesantren telah menggunakan Wifi,” jelasnya.

Dia berharap pesantren IMMIM dapat berkontribusi langsung dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu bersaing dalam era revolusi industri 4.0

“Dengan pelatihan ini di harapkan dapat menghasilkan SDM yang mempunyai wawasan dan analisa yang berdaya saing di era revolusi 4.0,” tutupnya. (*)

Komentar