oleh

Dinas Pertanian Tana Toraja Budidaya Kopi di Pango-Pango

Editor : Lukman Maddu-Daerah, Tana Toraja-

TANA TORAJA, BP – Dinas Pertanian Tana Toraja akan mengembangkan kopi Arabika di beberapa kecamatan termasuk di kawasan wisata agro Pango-Pango kecamatan Makale Selatan. Selain itu juga telah dikembangkan kopi dan beberapa jenis tanaman buah yang cocok ditanam di ketinggian tertentu seperti, apel, tamarillo, dan markisa.

Kepala Dinas Pertanian Tana Toraja, Haris Paridi menjelaskan untuk kawasan Pango-Pango tahun 2018 ini telah ditanam bibit kopi Arabika sebanyak 40 ribu bibit pohon, serta sejumlah tanaman buah seperti apel, tamarillo, dan markisa.

Disebutkan sesuai petunjuk bupati untuk mengembangkan 7 aroma kopi arabika yang ada di Toraja sesuai dengan tempatnya. Tempat tumbuh yang memiliki ketinggian berbeda sehingga menimbulkan 7 aroma kopi, yakni dari kecamatan Makale Selatan, Kurra, Bittuang, Gandang Batu Sillanan, Rembon, dan Toraja Barat.

Dikatakannya pula bahwa Kementrian Pertanian sudah menjadikan Tana Toraja sebagai pilot project untuk pengembangan kopi arabika, karena ikon Toraja adalah kopi arabika.

“Saya berharap masyarakat yang ada di sekitar area objek wisata Pango-Pango agar memelihara kopi yang ditanam karena hasilnya untuk mereka juga nantinya,” ujarnya. (*)

Komentar