oleh

Kenali Manfaat Tidur Siang

Editor : Ashar Abdullah-Gaya Hidup, Kesehatan-

BP – Apakah Anda menikmati tidur siang sebentar dengan cepat? Keuntungan tidur siang terdokumentasi dengan baik, lewat studi yang menguji manfaat untuk tingkat konsentrasi dan kewaspadaan secara keseluruhan, tetapi beberapa orang merasakan manfaat lebih dari yang lain.

Sekarang, mungkin ada penjelasan ilmiah mengapa itu terjadi.

Sebuah penelitian baru pada tikus yang dilakukan di Universitas Tsukuba di Jepang mengungkapkan bahwa mutasi gen tunggal bisa meningkatkan jumlah tidur yang dibutuhkan tikus, yang menurut para peneliti bisa memberikan wawasan yang bermanfaat ke dalam kebiasaan tidur manusia.

Diterbitkan dalam jurnal Proceedings of National Academy of Sciences, peneliti menunjukkan bahwa hanya sedikit diketahui tentang mekanisme fisiologis yang mengatur tidur.

Ini berarti bahwa alasan mengapa pola tidur satu orang berbeda dari yang lain tetap menjadi misteri, hingga sekarang.

Untuk penelitian ini, penulis membangun penelitian sebelumnya ke dalam mutasi protein yang disebut SIK3 dan memeriksa efek ini pada kebiasaan tidur tikus.

Selain mencatat berapa lama tikus tidur dan berapa lama mereka terjaga, para peneliti melihat ke dalam aktivitas otak mereka selama periode mimpi dan tidur tanpa mimpi, dan tingkat kewaspadaan selama periode terjaga.

Mereka menemukan bahwa dengan mutasi asam amino 551 di SIK3, tikus-tikus itu kemudian membutuhkan lebih banyak tidur dan tidur lebih lama, sesuatu yang tercermin dalam aktivitas gelombang otak mereka.

Komentar