oleh

Jaksa Tak Tahu Adanya Pemindahan Terpidana Mati

Editor : Lukman Maddu-Headline, Hukum-

MAKASSAR, BP – Diam-diam terpidana mati Amiruddin alias Amir Aco dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) klas I Cipinang, Jakarta Timur.

Amir Aco sebelumnya menghuni sel isolasi tahanan di Lapas Narkotika Bolangi. Dia dijerat hukuman mati atas kepemilikan sabu seberat 1,3 kilogram dan 4.208 butir pil ekstasi pada tahun 2015 lalu.

Kepala Seksi Bidang Pidana Umum Kejaksaan Negeri Makassar, Ulfadrian Mandalani, saat dikonfirmasi terkait adanya pemindahan terpidana mati tersebut mengaku tidak tahu.

“Saya juga baru tahu informasinya, kalau terpidana mati, Amir Aco telah dipindahkan ke Lapas Cipinang,” ujar Ulfadrian Mandalani, dengan nada sedikit kaget, Jumat (14/12).

Sebab terpidana tersebut diketahuinya saat ini masih berada di Lapas Narkotika Bolangi. “Sejauh ini saya tidak pernah menerima penyampaian atau informasi, kalau Amir Aco sudah dipindahkan, baik itu dari pihak Lapas Narkotika Bolangi, maupun dari pihak Kanwil Kemenkumham Sulsel,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulsel, Imam Suyudi membenarkan adanya pemindahan terpidana Amir Aco, ke Lapas klas I Cipinang.

“Iya memang benar, kalau Amir Aco telah dipindahkan ke Lapas Cipinang,” tukas Imam Suyudi.

Pemindahan tersebut dilakukan karena alasan terpidana harus menjalani hukuman pidana atas perkara lain. Makanya kata Imam terpidana tersebut dipindahkan ke Lapas klas I Cipinang.

“Dia (Amir Aco) kan, harus menjalani hukuman pidana, atas perkara yang lain,” bebernya.

Kalau untuk perkara yang di Makassar kata Imam, itu telah selesai dan sudah dinyatakan inkracht atau telah bekekuatan hukum tetap. “Makanya Dia (Amir Aco), kita pindahkan ke Lapas Cipinang. Supaya dia bisa jalani pidana perkara sebelumnya,” jelasnya. (*)

Komentar