oleh

Keteraturan Tidur Sangat Terkait dengan Kesehatan

Editor : Ashar Abdullah-Gaya Hidup, Kesehatan-

BP – Orang dewasa yang memiliki waktu tidur reguler cenderung memiliki berat badan lebih rendah daripada mereka yang tidak, memiliki gula darah lebih rendah dan menghadapi risiko penyakit jantung dan diabetes yang lebih rendah.

Meski para ilmuwan telah berbicara tentang pentingnya mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas, namun penting untuk mengetahui teraturnya jadwal tidur Anda juga.

“Pola tidur tidak teratur adalah umum pada orang-orang dari segala usia,” kata penulis utama studi, Jessica Lunsford-Avery dari Duke University Medical Center di Durham, North Carolina, seperti dilansir laman MSN, Rabu (12/12).

“Di antara orang dewasa yang lebih tua yang sudah tidak bekerja lagi, bagaimanapun, masalah itu bisa menjadi lebih buruk,” jelas Lunsford-Avery.

Keteraturan tidur, juga disebut tidur higienis, optimal ketika seseorang pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi, termasuk pada akhir pekan.

Hal ini membantu ritme sirkadian tubuh untuk tetap di jalur dan mengatur fungsi tubuh lainnya seperti nafsu makan dan pencernaan.

Lunsford-Avery dan rekannya menganalisis siklus tidur hampir 2.000 orang dewasa dengan rata-rata 69 tahun dengan menggunakan metrik baru yang disebut Indeks Keteraturan Tidur.

Indeks ini melihat variasi tidur selama 24 jam sehari dan membandingkan satu hari ke hari berikutnya untuk memahami waktu tidur dan bangun secara teratur serta tidur siang.

Komentar