oleh

Cetak 2.261 Wisuda, Rektor UMI Harap Alumni Bisa Hadapi Revolusi Industri

Editor : Lukman Maddu-Edukasi, Kampus-

MAKASSAR, BP – Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, kembali melahirkan lulusan terbaik sebanyak 2.241 orang Alumni periode II tahun 2018.

Prosesi pegelaran dalam bentuk “Takhrij Thalabat” Wisuda Diploma, Sarjana, Profesi Magister dan Doktor digelar di Sheraton Hotel Makassar, Sabtu – Minggu (15-16/12/2018).

Rektor UMI Makassar, Prof. Dr. Basri Modding SE. MM dalam sambutanya mengatakan, wisuda merupakan salah satu momentum penting dalam kehidupan akademik di UMI Makassar.

Pada kesempatan ini, mantan Direktur PPs UMI itu melaporkan wisuda periode II tahun 2018, secara keseluruhan jumlah wisuda pada hari ini dan besok berjumlah 2.261 orang.

“Jumlah wisudawan dan wisudawati yang diwisuda UMI periode II tahun 2018 Tanggal 15 Desember sebanyak 1.190 orang dan Minggu 16 Desember sebanyak 1.071, maka total yang ikut wisuda yakni 2.261,” kata Prof. Basri Modding dalam pidato rapat senat terbuka ini.

Lebih lanjut, guru besar fakuktas Ekonomi ini menjelaskan, dengan bertambahnya alumni pada wisuda tahun 2018, maka secara keseluruhan alumni UMI berjumlah 98.849 yang tersebar di Sulawesi maupun di luar Sulawesi.

Tak hanya itu, menurutnya, bertambahnya jumlah lulusan Sarjana, Profesi, Magister dan Doktor merupakan cerminan tridarma perguruan tinggi mencakup tiga skill.

“Peningkatan scientifik skill, life skill dan sosial skill dengan substansi pendidikan karakter,” terangnya.

Prof. Basri Modding menambahkan, tantangan yang dihadapi oleh alumni perguruan tinggi seluruh Indonesia saat ini. Revolusi industri 4.0 (four point zero ) merupakan fase keempat dari perjalanan revolusi industri yang di mulai pada abad ke 18 dengan perubahan yang sangat cepat.

“Di era revolusi industri 4.0 kita dihadapkan dengan perkembangan teknologi informasi sangat cepat. Di daerah ini sangat kompetitif membutuhkan manusia yang responsif dan mampu mengantisipasi perubahan dengan baik. Karena jika tertinggal kita akan tergerus dan menjadi ancaman masa depan,” jelasnya.

Ketua Yayasan Wakaf UMI Makassar, H. Muh. Mokhtar Noer Jaya, SE, M.Si dalam arahannya mengucapkan selamat atas predikat lulusan akademik di UMI Makassar.

Ia juga menyampaikan, berbagai prestasi dan keunggulan yang di peroleh UMI Makassar beberap tahun ini. Menurutnya hal tersebut suatu prestasi yang tidak dimiliki oleh kampus lain di luar pulau Jawa, bahkan Indonesia Timur.

“Alhamdulillah pada tanggal 10 dan 11 Desember 2018, kita telah dikunjungi tim asesor, dalam rangka akreditasi institusi UMI. Kita telah berupaya maksimal, semoga mendapat hasil yang lebih baik,” singkatnya.

Sekadar diketahui, Wisuda yang berlangsung selama dua hari ini diikuti oleh 13 Fakultas lingkup UMI dan Magister serta Doktor.

Tanggal 15 Desember yakni Fakuktas kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Kedokteran Gigi, Psca Sarjana dan Doktor.

Tanggal 16 Desember yakni Fakuktas Agama Islam, Ekonomi, Teknik, Hukum, Sastra, Perikanan dan ilmu kelautan, Pertanian, Teknologi Industri dan Ilmu Komputer. (*)

Komentar