oleh

19.603 Keping E-KTP Invalid Dimusnahkan

Editor : Ashar Abdullah-Daerah, Parepare-

PAREPARE, BP – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Parepare memusnahkan 19.603 keping Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan cara dibakar di dalam tong sampah. Pemusnahan itu dilakukan di halaman Kantor Disdukcapil Parepare, Selasa, (18/12/2018)

Kepala Dinas (Kadis) Disdukcapil Parepare Amran Ambar mengatakan, belasan ribu keping KTP yang dimusnahkan tercatat sebagai KTP yang sudah invalid atau rusak. Dari 19.603 KTP yang dimusnahkan, kata Amran, 16.094 di antaranya elektronik KTP (e-KTP) dan 3.509 keping KTP non eletronik.

“Pemusnahan kita lakukan untuk mengantispasi terjadinya penyalahgunaan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, memanfaatkan untuk kepentingan-kepentingan tertentu,” katanya.

Amran menambahkan, pemusnahan yang dilakukan pihaknya berdasarkan surat edaran Menteri Dalam Negeri tanggal 13 Desember 2018 lalu tentang penatausahaan KTP-el rusak atau invalid.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Data dan Informasi Disdukcapil Parepare Adi Hidayah Saputra mengatakan, pada awalnya pemusnahan dilakukan dengan cara digunting, yang kemudian dikirim ke kementerian. Namun, jelasnya, metode tersebut membutuhkan waktu lama, sehingga Mendagri mengeluarkan surat edaran terkait pemusnahan dengan cara dibakar.

“Dengan cara dibakar, dinilai lebih efektif. Dan pemusnahan akan kita lakukan secara bertahap. karena diprediksi, masih ada warga yang akan melakukan perubahan data atau berpindah baik keluar atau masuk ke Parepare,” paparnya.

Sedianya, tambah Adi, pemusnahan dilakukan sejak Jumat pekan lalu, namun perampuangan perhitungan jumlah KTP yang akan dimusnahkan baik elektronik maupun non elektronik, masih dilakukan sehingga pemusnahan baru dilakukan sehari setelah pemusnahan serentak yang dilakukan Disdukcapil se-Indonesia. (*)

Komentar