oleh

Atikah Salsabillah, Atlet Serba Bisa Berprestasi yang Butuh Perhatian

Editor : Lukman Maddu-Wawancara-

MAKASSAR, BP – Serba bisa. Hal inilah yang menggambarkan atlet junior Makassar, Atikah Salsabillah.

Atlet muda cabang olah raga renang ini masih duduk di bangku kelas 6 SD Sudirman 1 Makassar. Dia mulai ikut latihan sejak kelas 3 SD, namun sudah menujukkan bakat dan prestasi baik daerah maupun di luar dibawah bimbingan pelatih Andre Santosa di Club Paotere yang sudah banyak melahirkan atlet nasional.

Di cabang atletik, Atikah ditemukan dan dilatih langsung oleh pelatih senior Benny Huawae yang sebelum bertemu atlet nasional Andi Yusri yang tergabung di Club Triatlhon Hasanuddin.

Awalnya latihan atletik hanya untuk menunjang cabang renangnya, namun Atikah tampil di kejuaraan internasional pertamanya Toraja Marathon dan turun di nomor 5k putri umum. Ia pun berhasil menyabet medali perak tahun 2017 dan diulanginya di tahun 2018.

Untuk cabang triatlhon dia direkrut Ketua Triatlhon Hasanuddin Mayor Mifdal yang langsung melatihnya di cabang balap sepeda. Awalnya ia hanya dipinjamkan, namun melihat tekad dan semangat berlatihnya Mayor Mifdal membelikanya sepeda balap pertamanya.

Hanya latihan dua minggu lebih langsung dibawa uji coba di kejuaran internasional Triatlhon Madalika Lombok tahun 2018 dan berhasil naik podium dengan medali perak. Ia mengalahkan Shelma, atlet Jepara yang sudah lebih dulu merajai nomor pelajar U-16.

Selanjutnya Atikah ikut di Jepara dan Pariaman Triatlhon Intrnasional awal Desember. Ia lantas menjadi pusat perhatian oleh berbagai club triatlhon yang ada di Indonesia yang sudah lama melakukan pembinaan atletnya sejak dini.

Atikah yang masih berstatus siswa SD tiba-tiba muncul menantang seniornya yang telah menginjak SMA dan SMP. Ia pun berhasil meraih juara 2 dan meraih medali perak.

Komentar