oleh

Andi Besse Dewagong Dieksekusi di Lapas Wanita Gowa

Editor : Ashar Abdullah-Daerah, Parepare-
PAREPARE, BP  –Kejaksaan Negeri (Kejari) Parepare telah melakukan eksekusi penahanan terhadap mantan Kepala Dinas Kesehatan Kota Parepare, Andi Besse Dewagong sebagai terpidana kasus tindak pidana korupsi (tipikor) Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang bergulir pada 2010 hingga 2013 lalu.
Andi Besse Dewagong yang menjabat sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Parepare ini dieksekusi sebagai tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Wanita Bollangi Kelas IIA Sungguminasa, Kabupaten Gowa, Jumat, (4/1/2019).
“Terpidana Andi Besse Dewagong sudah dieksekusi ke Lapas Wanita Bolangi, Gowa,” ujar Andi Darmawangsah, Kepala Kejari Parepare, Jumat, (4/1/2019).
Andi Darmawangsah menyebutkan, Andi Besse ditahan 4 tahun penjara
berdasarkan salinan putusan dari Mahkamah Agung RI setelah pengajuan banding ditambah subsidair 6 bulan penjara.
“Vonis kasasinya 4 tahun atau lebih tinggi dari vonis sebelumnya yang hanya 1 tahun. Untuk dendanya Rp 200juta akan dia jalani subsidairnya, katanya tidak ada uangnya. Jadi kalau benar-benar tidak dibayar dendanya, maka masa tahanannya 4 tahun 6 bulan penjara, tapi kata keluarganya akan diusahakan bayar,” detail Andi Darmawangsa.
Sebelumnya, Andi Besse Dewagong bersama dua rekannya, mantan Kepala Bidang Pelayanan Medis Hj Emiyati dan pejabat pembuat komitmen Jamkesda, Hj Hasnawati terpidana lantaran penyelewengan dana Jamkesda yang mencapai Rp300 juta.
Diketahui, dana Jamkesda sendiri diperuntukkan bagi pihak puskesmas yang ada. Dana tersebut adalah dana sharing pemerintah daerah dan pemerintah provinsi. (*)

Komentar