oleh

Ketahui Mitos Tentang Tidur, Mana yang Boleh Anda Percaya?

Editor : Ashar Abdullah-Gaya Hidup, Kesehatan-

BP – Tidur dan istirahat merupakan salah satu elemen penting agar bisa menjalani kegiatannya dengan prima. Namun, ada beberapa pendapat seputar tidur yang perlu dipastikan apakah tergolong sebagai mitos atau fakta. Berikut adalah beberapa contohnya:

1. Fakta: Durasi dan kualitas tidur berperan pada kesehatan

Menurut berbagai penelitian ilmiah yang telah dilakukan, kualitas tidur yang buruk serta durasi tidur yang pendek memang berkaitan dengan terjadinya serangkaian penyakit, termasuk tekanan darah tinggi, diabetes, dan depresi.

Sebagai contoh, waktu tidur yang kurang dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk menggunakan hormon insulin, yang kemudian bisa menyebabkan terjadinya diabetes.

2. Mitos: Orang yang lebih tua membutuhkan waktu tidur yang lebih sedikit

Secara umum, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar tujuh hingga sembilan jam setiap harinya. Walaupun pola tidur umumnya dapat berubah seiring dengan bertambahnya usia, jumlah waktu tidur yang dibutuhkan setiap harinya tetap sama.

Namun, orang yang lebih tua terkadang dapat memiliki waktu tidur yang lebih sedikit, dan sebagian dari kasus tersebut dapat dikaitkan dengan seringnya terbangun pada malam hari, mengalami insomnia, dan sebagainya. Akan tetapi, kebutuhan tidur mereka tidak kurang dibandingkan dengan orang dewasa muda.

3. Fakta: Mengorok dapat berbahaya

Komentar