oleh

Berikut 7 Manfaat Santan Untuk Kecantikan Termasuk Anti Penuaan Dini

Editor : Ashar Abdullah-Gaya Hidup, Kesehatan-

BP – Santan memang biasa digunakan dalam masakan Indonesia. Tapi, santan juga bisa bermanfaat untuk merawat kecantikan Anda.

Pasalnya, santan mengandung vitamin C, E, B1, B3, B5, dan B6 serta zat besi, selenium, natrium, kalsium, magnesium dan fosfor. Santan juga mengandung konsentrasi lauric acid yang baik, fatty acid (MCFA) yang akan dikonversi menjadi monolaurin dalam tubuh, ykani senyawa dengan sifat antivirus dan antibakteri.

Lalu, bagaimana menggunakan santan untuk kecantikan? Dilansir dari NDTV Food, Selasa (8/1), ada 7 langkah memanfaatkan santan untuk kecantikan.

Santan bisa dipakai untuk ritual mandi Anda saat berendam. (Namaste Bath)

1. Penghapus Makeup

Untuk menghapus riasan Anda, tambahkan 2 bagian minyak zaitun ke 1 bagian santan pada kapas. Ini tidak hanya membersihkan wajah, tetapi juga memelihara kulit Anda lebih dalam pada saat yang bersamaan. Usap dengan lembut.

2. Mencegah Jerawat

Untuk orang dengan kulit berminyak dan berjerawat, santan dapat digunakan sebagai pembersih karena sifat antibakterinya. Lemak dalam santan tidak menyumbat pori-pori, sehingga dapat mencegah jerawat.

3. Lulur Wajah

Santan juga bisa digunakan sebagai scrub wajah untuk pengelupasan kulit yang lembut. Yang perlu Anda lakukan adalah merendam gandum dalam santan selama 10 menit.

4. Mencegah Penuaan Dini

Santan memiliki kadar vitamin C tinggi yang membantu menjaga elastisitas dan kelenturan kulit. Ini juga kaya akan tembaga, mencegah keriput, kulit kendur, dan bintik-bintik penuaan.

Anda bisa merendam 6-7 kacang almond dalam semalam. Lalu kupas kulitnya di pagi hari dan giling menjadi pasta yang halus serta tambahkan 5-6 tetes santan. Aduk rata dan oleskan pasta ini pada wajah Anda selama 15 menit. Kemudian cuci dengan air dingin.

5. Menenangkan Dari Kulit Terbakar

Aplikasikan santan di atas kulit yang terbakar sinar matahari untuk membantu penyembuhan yang cepat karena sifatnya yang anti-inflamasi. Ini membantu untuk mendinginkan kulit dan mengurangi rasa sakit, bengkak serta kemerahan.

6. Melembabkan Kulit

Santan adalah pelembab yang bagus karena sifatnya yang menenangkan. Anda dapat mengoleskan santan ke kulit tubuh secara langsung selama 20-30 menit untuk mengurangi kekeringan dan meningkatkan kesehatan kulit yang bercahaya.

Anda bahkan dapat menambahkan 1 cangkir kelopak mawar, ½ gelas air mawar, dan 1 cangkir santan ke air dalam sebuah bak. Berendam dalam bak ini selama sekitar 15 menit akan membantu mengembalikan kelembapan pada kulit kering.

7. Mengobati Penyakit Kulit

Asam lemak alami dalam santan membantu merawat kulit kering dan teriritasi serta menghilangkan bakteri berbahaya. Aplikasikan santan bisa memberikan efek pelembab yang sangat baik untukkulit kering seperti eksim, dermatitis, dan psoriasis. (JPC)

Komentar