oleh

Dirut RS Dadi Sulsel Sebut Ratusan Pasien Jiwa Dari Ribuan Caleg Gagal

-Headline, Pileg 2019, Politik

MAKASSAR, BP – Jelang pemilihan umum calon legislatif (Pileg) 2019 di Sulsel, tentu tidak sedikit kandidat legislatif yang akan menerima kekalahan.

Dari ribuan Caleg yang bertarung, dipastikan diantaranya berpotensi mengalami gangguan kejiwaan pasca gugur dari kontestasi pada pesta demokrasi yang digelar serentak pada 17 April mendatang.

“Jadi kalau ada 1000 yang masuk caleg itu kemungkinan seper tiga dari 1000 yang tidak lulus ada sepertiga mungkin sekitar 300 orang yang mengalami gangguan kejiwaan walaupun bertingkat-tingkat dari yang ringan sampai yang paling berat, mulai dari yang cuma diam sampai yang buka celana di jalanan,” ungkap Direktur Rumah Sakit Kusus Daerah (RSKD) Dadi Sulsel, dr. Arman Bausat, kepada Bacapesan.com, Rabu (9/1).

Meski demikian, Ia mengaku sejauh ini tak ada lagi pasien caleg yang terlebih dahulu direhabilitasi dikerenakan gagal pada lima tahun silam. Hanya saja ia menyebut hingga kini pihaknya tengah merawat sebanyak ratusan pasien jiwa.

“Kalau caleg sebelumnya sudah tidak ada, tapi di RS kami sekarang merawat 650 orang pasien jiwa, rata-rata perhari. Jujur saja kami katakan perbandingan tempat tidur yang kami miliki dengan jumlah pasien itu lebih banyak pasien daripada tempat tidur. Jadi selalu over kapasitas karena RS Dadi satu-satunya rumah sakit jiwa yang ada di Sulsel atau Indonesia timur,” pungkasnya. (*)

Komentar