oleh

Ini 5 Penyebab Utama Gatal pada Rambut, Selain Ketombe

Editor : Ashar Abdullah-Gaya Hidup, Kesehatan-

“Kulit kepala kita menjadi berminyak ketika kelenjar minyak sebaceous mengeluarkan terlalu banyak sebum,” kata Sophia. Ini bisa terjadi ketika pH kulit kepala tidak seimbang dan dapat disertai dengan ketombe.

Cara terbaik untuk mengatasi ini adalah dengan menggunakan sampo yang mengandung pH seimbang dan batasi penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung minyak berat.

4. Infeksi Kulit

Ketombe karena dermatitis seboroik, yakni suatu kondisi kulit inflamasi yang mirip dengan eksim. “Pada dermatitis seboroik, kulit menjadi merah dan meradang dan disertai dengan serpihan berminyak kuning yang menempel pada rambut dan kulit kepala, yang kadang-kadang sulit untuk dihilangkan,” jelas Emmanuel.

Bagi sebagian orang, kondisi kulit kepala ini menyebabkan rasa gatal jika tidak ditangani. Sehingga dapat menyebabkan kerontokan rambut akibat goresan kronis pada kulit kepala.

Para ahli percaya penyakit ini berhubungan dengan faktor genetik, sensitif terhadap produk, perubahan hormon, diet, dan stres. Walaupun ada cara untuk mengobatinya di rumah, tetapi sebaiknya tetap dikonsultasikan ke dokter kulit untuk mendapatkan resep.

5. Jamur

Pengelupasan kulit kepala mungkin saja merupakan efek samping dari kelebihan jamur. “Ragi dan malassezia furfur, dua jenis jamur, hidup di tubuh dalam jumlah kecil,” kata Emmanuel.

Komentar