oleh

Bahan Bakar Tanker Pertamina Tumpah di Laut Parepare, Warga Cempae Berbondong-bondong Isi Jerigen di Tanggul Cempae

Editor : Ashar Abdullah-Daerah, Headline, Parepare-

PAREPARE, BP – Puluhan warga Cempae, Kecamatan Soreang berbondong-bondong turun langsung menyuling solar yang berada di sepanjang bibir pantai, akibat tumpahan bahan bakar tangket Pertamina yang tumpah di laut Parepare.

Menurut salah satu warga setempat, Anto bahwa dari pagi sudah tercium bau minyak.”Kita cek ke pantai ternyata tumpahan solar,” jelasnya.

Ketika ditanya, berapa banyak solar yang tumpah, Antor memperkirakan ada ribuan liter.”Mungkin ada ribuan liter pak, dari tadi sudah puluhan jerigen diambil masyarakat tetapi masih banyak di bibir pantai,” katanya.

Terpisah, Unit Manager Communication dan CSR MOR VII Pertamina, Robby Hervindo mengatakan, rembesan solar ini berasal dari kebocoran Kapal Tangker Golden Pearl XIV yang sedang sandar di Jetty TBBM.

“Diidentifikasi terjadi kerusakan pada pendingin LO Cooler A/E kapal tangker. Solar yang merembes merupakan bahan bakar kapal bukan muatan tangker,” ujarnya.

Roby mengungkapkan, jumlah solar yang merembes ke perairan sekitar TBBM Parepare saat ini masih dalam proses perhitungan.”Kejadian ini sendiri tidak mengganggu operasional di TBBM Parepare, penyaluran BBM ke masyarakat tetap lancar,”kata dia.

Sementara itu, untuk menanggulangi rembesan solar di laut, kata Roby telah dilakukan penanggulangan tim tanggap darurat Pertamina.

“Saat ini sudah disemprotkan sebanyak 200 liter oil dipersant ramah lingkungan untuk mengurai solar di perairan sekitar TBBM Parepare,” jelasnya. (*)

Komentar