oleh

HUT Satpam Ke 38, Kapolda Sulsel: Mari Jaga Kamtibmas Jelang Pemilu 2019

-Headline, Hukum

MAKASSAR, BP – Kapolda Sulsel, Irjen Pol. Umar Septono memimpin upacara peringatan HUT Profesi Satuan Pengamanan (Satpam) ke 38, di SPN Batua Makassar, Kamis (10/1) sekira pukul 10.15 wita.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri seluruh pejabat utama Polda Sulsel dan sejumlah pejabat TNI Kodam XIV Hasanuddin serta puluhan personel anggota Satpam. HUT Satpam kali ini mengusung tema “Pemuliaan Profesi Satpam Indonesia Guna Mendukung Polri Dalam Pengamanan Pemilu 2019”.

Dalam amanatnya, Kapolda Sulsel Irjen Pol. Umar Septono menyampaikan, bahwa menilai momentum ini sebagai evaluasi terhadap kinerja Satpam.

“Momentum ini kiranya dapat dijadikan sebagai sarana evaluasi terhadap eksistensi dan kinerja satuan pengamanan, guna pembenahan dan penyempurnaan dalam melaksanakan tugas di masa yang akan datang,” ucapnya.

Pada HUT Satpam yang jatuh pada 31 Desember tersebut, Irjen Pol Umar juga menyampaikan pentingnya Profesi Satpam. Menurutnya, bangsa Indonesia telah memasuki tahun agenda pemilu 2019, sebagai wujud dari demokrasi, jika ditinjau dari prespektif keamanan, agenda tersebut memiliki karakteristik potensi kerawanan yang khas.

Bukan tanpa alasan, karena untuk pertama kalinya Pileg dan Pilpres digelar serentak pada 17 April 2019 mendatang. Kondisi itu memunculkan beberapa potensi kerawanan yang harus diantisipasi baik dalam tahap pemungutan, penghitungan maupun rekapitulasi suara.

“Dalam Satuan pengamanan memiliki peran strategis, baik dalam upaya pemeliharaan kamtibmas di lingkunagn kerja, kehadiran Satpam dalam memelihara Kamtibmas dituntut semakin profesional, dalam implemntasinya, personel satpam harus mampu mendeteksi setiap potensi kerawanan, melakukan tindakan pertama dan pencegahan dengan tepat, serta melaporkannya ke pihak kepolisian untuk segera dilakukan langkah-langkah antisipasi,” tandasnya. (*)

Komentar