oleh

FTI UMI dan ACT Bakal Gelar Workshop Mitigasi Bencana

Editor : Lukman Maddu-Edukasi, Kampus-

MAKASSAR, BP – Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (FTI UMI) bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulawesi Selatan, berencana akan melakukan Workshop Mitigasi Bencana.

Menurut Dekan FTI UMI, Dr Zakir Sabara, ACT akan melibatakan mahasiswa FTI UMI Makassar dalam workshop tersebut.

“Kedepan kita akan menyiapkan kader-kader terbaik dari mahasiswa dengan kemampuan khusus seputar kebencanaan, kegiatan ini akan dieksekusi oleh seluruh pengurus lembaga mahasiswa se FTI UMI dan di fasilitasi oleh Wakil Dekan 3 bidang kemahasiswaan dan alumni,” ucap Zakir, Jumat (11/1).

Dikatakan, banyak aspek yang penting menjadi kesabaran awal soal seputar kebencanaan. Misalnya pengenalan tentang potensi bencana yang ada di sekitar, histori bencana yang pernah terjadi, bentuk antisipasi, meningkatkan kesadaran tanda-tanda bencana, dampak bencana bagi individu, keluarga, dan komunitas, cara penanganan dalam kondisi bencana, serta bagaimana cara menyelematkan diri dari bencana.

“Bencana dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa bisa diprediksi sebelumnya, baik itu bencana alam ataupun sosial. Melalui workshop bencana, tidak berarti risiko dampak bencana dapat ditekan sehingga sama sekali tidak menimbulkan dampak,” tambahnya.

Tujuan dan harapan yang ingin dicapai pada rencam kegiatan workshop angkatan pertama ini adalah mencapai membangun kesadaran dalam meminimalkan resiko dampak bencana

“Insya Allah kegiatan ini akan direncanakan pada bulan Maret 2019 yang akan datang,” pungkasnya. (*)

Komentar