oleh

Tidak Berpita Cukai, Cairan Vape Akan Disita

Editor : Ashar Abdullah-Daerah, Parepare-

PAREPARE, BP – Direktorat Jenderal Bea dan Cukai KPPBC Tipe Madya Pabean C Parepare, mulai menyasar Liquid Vape yang tidak berpita cukai. Hal tersebut ditegaskan Kepala Bea Cukai Parepare saat menggelar Konferensi Pers dengan sejumlah media, Rabu (9/1/2018).

Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Parepare, Siswo Kristyanto menyampaikan, disamping rokok, Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL) yang lagi trend di kalangan masyarakat yaitu Vapor, juga menjadi salah satu pengawasan pihak bea cukai di Tahun 2019 ini.

“Vape ini adalah bagian dari objek pengawasan cukai. Disamping rokok, minuman yang mengandung Alkohol juga bagian dari pengawasan kami termasuk produk baru HPTL itu, atau yang lebih dikenal Vapor,” kata Siswo.

Untuk Penindakan, lanjutnya, mulai 1 Oktober 2018 HPTL tersebut, tidak boleh diperjual belikan. Vape yang tidak dikenakan pita cukai di Tahun 2019, akan langsung dilakukan penindakan dengan menyita barang tersebut.

“Penerapan tarif cukai pada produk Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL) tepatnya cairan atau likuid vape hingga 1 Oktober 2018. Adapun pemberlakuan tarif cukai sebesar 57% pada liquid rokok elektronik ini dilakukan sejak 1 Juli 2018. Namun kita masih melakukan konvensasi hingga awal Januari,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bea Cukai Parepare Eva Arifah Aliyah mengatakan, aturan ini diberlakukan, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada sejumlah pengusaha atau masyarakat yang menggunakannya di Wilayah Parepare dan Sekitarnya.

“Sebelum Oktober 2018, bea cukai sudah melakukan penyuluhan, namun masih dikonvensasi awal Januari 2019. Tapi kedepan, barang yang disita. Nantinya akan dimusnahkan. Sanksi untuk peredaran Vape tanpa pita cukai bisa berupa penutupan pabrikya,” jelas Eva. (*)

Komentar