oleh

Begini Pengakuan Pelaku Mahasiswa Asal Soppeng Jalankan Aksi Carding

Editor : Ashar Abdullah-Hukum, Kriminal-

MAKASSAR, BP – Setelah terlibat dalam kejahatan Carding berupa penipuan tiket pesawat murah atau promo. Rahmat Risaldi (18), Mahasiswa asal Kabupaten Soppeng, ditangkap Unit Cybercrime Ditreskrimsus Polda Sulsel di Jakarta, pada 20 Desember 2018 lalu.

Dalam menjalankan aksinya, oknum mahasiswa ini diketahui menggunakan nomor dan identitas kartu kredit orang lain secara ilegal. Data tersebut didapatkan dengan mencuri melalui internet.

“Pelaku sendiri dalam kejahatan Carding disebut Ripper atau melakukan penipuan dengan meminta dari korban data penumpang yang mau memesan tiket pesawat. Kemudian, pelaku membuat akun agen travel lalu order tiket pesawat melalui maskapai penerbangan,” ucap Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, Selasa (15/1).

Dicky menambahkan, untuk mendapatkan kode booking dan e-tiket dari maskapai, pelaku melakukan pembayaran kartu kredit dan identitas milik orang lain (orang asing) yang masih valiid dan data kartu kredit tersebut didapatkan dari internet.

Pelaku kemudian memberikan kode booking dan e-tiket kepada korban dan meminta korban pun mentransfer uang kepada pelaku sesuai dengan kesepakatan harga tiket yang diberikan yakni setengah harga dari situs Traveloka.

Pelaku juga dapat membuat voucher hotel yang diduga dibayarkan melalui kartu kredit dan identitas orang lain.

Komentar