oleh

Dirlantas Polda Bakal Blokir Surat Kendaraan

Editor : Ashar Abdullah-Metro-

MAKASSAR, BP – Direktorat Lalulitas (DitLantas) Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel telah melayangkan ratusan surat bagi pengendara yang terpantau kamera (Elektronik Traffic Law Enforcement) E-TLE atau tilang elektronik.

E-TLE yang resmi diterapkan oleh Kapolda Sulsel, Irjen Pol. Umar Septono di Mapolrestabes Makassar, Rabu 26 Desember 2018 lalu, telah memasang circuit closed television (CCTV) sebanyak 25 titik lokasi di Kota Makassar.

Dirlantas Polda Sulsel, Kombes Pol. Agus Wijayanto mengatakan, berdasarkan data sejak diberlakukannya E-TLE atau tilang kamera tersebut, tercatat sebanyak ratusan kendaraan yang melanggar.

“Dari data sejak Desember 2018 hingga Januari 2019 ada 145 kendaraan yang melakukan pelanggaran diantaranya 65 kendaraan roda dua, 77 kendaraan roda empat dan 1 kendaraan roda enam,”ungkapnya Jumat (18/1)

Kombes. Agus menjelaskan, pelanggaran yang dilakukan bervariatif, diantaranya melanggar marka jalan, melawan arus, tidak menggunakan helm dan melanggar rambu lalu lintas.

Dengan begitu, pihaknya telah mengirimkan sebanyak 158 surat pemberitahuan kepada pemilik kendaraan yang melanggar.

“Kalau yang terkonfirmasi ada 15 surat dan tidak terkonfirmasi ada 125 kendaraan, jumlah surat yang sudah terkonfirmasi dan terbayar ada 3 surat,” jelas Agus

Selain itu, Agus menyebut, apabila pengendara yang melakukan pelanggaran tidak mengonfirmasi, maka surat kendaraanya akan diblokir.

“Nanti kita blokir dulu surat kendarannya, kalau sudah mengonfirmasi dan melakukan pembayaran, nanti dibuka,” tandasnya. (*)

Komentar