oleh

Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Enrekang Galang Dana Bantu Korban Bencana

Editor : Lukman Maddu-Daerah, Enrekang-

ENREKANG, BP – Cuaca ekstrem yang melanda beberapa daerah di Sulawesi Selatan mengakibatkan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Dari dari laman facebook Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulanagan Bencana Sutopo Purwo Nugroho, mencatat hingga Minggu 27 Januari 2019, tercatat 188 desa terdampak bencana di 71 kecamatan yang tersebar di 13 kabupaten/kota yaitu Jeneponto, Maros, Gowa, Kota Makassar, Soppeng, Wajo, Barru, Pangkep, Sidrap , Bantaeng, Takalar, Selayar, dan Sinjai.

Dampak bencana tercatat 68 orang meninggal, 7 orang hilang, 47 orang luka-luka, dan 6.757 orang mengungsi.⁣

Kerusakan fisik meliputi 550 unit rumah rusak (33 unit hanyut, 459 rusak berat, 30 rusak sedang, 23 rusak ringan, 5 tertimbun), 5.198 unit rumah terendam, 16,2 km jalan terdampak, 13.326 hektar sawah terdampak dan 34 jembatan, 2 pasar, 12 unit fasilitas peribadatan, 8 fasilitas pemerintah, dan 65 unit sekolah.⁣

Daerah yang paling parah mengalami dampak banjir dan longsor adalah Kabupaten Gowa, Kota Makassar, Jeneponto, Marros dan Wajo.

Untuk itu mahasiswa STKIP Muhammadiyah Enrekang yang tergabung di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Himpunan Mahasiswa Prodi (Hima prodi) Se STKIP Muhammadiyah Enrekang turun ke jalan dalam rangka aksi penggalangan dana yang diadakan di persimpangan trafic light Enrekang, Senin 28 Januari 2019.

Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian mahasiswa STKIP Muhammadiyah Enrekang atas penderitaan yang terjadi terhadap masyarakat yang terkena dampak musibah.

Tidak hanya menerima bantuan berupa uang, namun juga dalam bentuk yang lain seperti selimut, pakaian dan makanan. Hasil donasi dari aksi ini akan disalurkan melalui Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah (Lazismu) Enrekang.

Presiden BEM STKIP Muhammadiyah Enrekang, Dedi Setiawan mengatakan aksi ini tujuanya untuk membantu saudara-saudara kita yang terdampak bencana.

“Semoga kegiatan ini dapat meringankan penderitaan saudara kita dan bermamfaat bagi mereka,” ungkapnya. (*)

Komentar