oleh

Baharuddin Diberhentikan Jadi Sekda Maros, Ini Alasannya

Editor : Ashar Abdullah-Daerah, Maros-

MAROS, BP – Bupati Maros HM Hatta Rahman resmi berhentikan sekretaris daerah (Sekda) Maros Baharuddin. Surat keputusan (SK) pemberhentian ini dibacakan usai pelantikan pejabat eselon di Gedung Serbaguna Pemkab Maros.

SK pemberhentian dikeluarkan oleh Hatta karena Baharuddin telah diangkat menjadi widyaiswara di Pemprov Sulsel. SK pengangkatan ini sudah turun sejak Desember 2018 lalu sehingga dengan adanya SK ini maka Hatta pun mengeluarkan SK pemberhentian Baharuddin sebagai Sekda Maros.

Jabatan sekda kata Hatta nantinya akan dilelang sehingga semua berkesempatan untuk menduduki jabatan tersebut. “Kita akan lelang, tapi untuk jabatan Sekda harus melalui Gubernur kemudian diusul ke Mendagri karena Sekda itu JPT (Jabatan Pimpinan Tinggi),” ujar Hatta.

Jabatan Sekda kata Hatta bisa diisi siapa saja, tidak ada usulan nama yang diberikan Bupati karena mengikut pada seleksi JPT dan uji kompetensi. Sampai saat ini belum ada nama resmi pejabat sementara Sekda yang ditunjuk Bupati, meski begitu disebut-sebut kepala Inspektorat Baharuddin yang akan menduduki jabatan tersebut.

“Untuk Plt akan kita tunjuk secepatnya tapi namanya nanti saja,” kata Hatta.

Jabatan Sekda Maros sendiri telah dijabat Baharuddin selama lebih dari 10 tahun. Baharuddin menjadi Sekda pada masa kepemimpinan periode kedua HA Nadjamuddin Aminullah atau sebelum Hatta Rahman menjabat sebagai Bupati. Dia adalah salah satu Sekda terlama di Maros.

Selain Sekda, beberapa jabatan yang akan dilelang yakni Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kepala Satpol PP, tiga Staf Ahli, Asisten II, Dinas Pendidikan dan Kepala BPBD Maros. Proses lelang jabatan dan uji kompetensi akan digelar pada April mendatang. (*)

Komentar