oleh

Skorsing 4 Mahasiswa, Dekan FIKP Unhas Dinilai Gunakan Pasal Fiktif

Editor : Ashar Abdullah-Edukasi, Headline, Kampus-

MAKASSAR, BP – Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin telah melayangkan Surat Keputusan (SK) penjatuhan skorsing akademik terhadap empat mahasiswa Ilmu Kelautan.

Dalam hal ini, Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Dr Ir, St Aisjah Farhum dinilai mengeluarkan SK skorsing dengan pasal fiktif.

“Menurut terlapor TKA, dalam sidang tersebut tim MKEM menekan dan mengarahkan terlapor untuk mengiyakan bahwa terdapay unsur kesengajaan,” kata Koordinator Tim Advokasi Skorsing Mahasiswa Ilmu Kelautan, Farid Idrastata kepada Bacapesan.com, Kamis (31/1).

Ia menambahkan, pada faktanya mekanisme yang telah disepakati bahwa asisten kolam akan melakukan pelatihan berenang sebagai adaptasi bertahan di air dan tidak ada unsur kesengajaan untuk melakukan pengalaman pada peserta.

Sedangkan kepada terlapor DD dituding memberikan sanksi fisik yang terlalu berlebihan. Namun, terlapor DD mengaku bahwa peserta tidak keberatan terhadap sanksi yang telah disepakati pada aturan pelaksanaan kegiatan pengaderan 2018.

“Di mana salah satu poinnya, demi meningkatkan kedisiplinan, peserta yang melakukan gerakan tambahan akan diberikan hukuman sesuai dengan kesalahan persetujuan antara asisten dan peserta,” pungkas Farid.

Terpisah, Wakil Rektor III Universitas Hasanuddin, Prof Arsunan Arsin mengaku belum mengetahui hal tersebut.

“Saya belum tahu itu Informasinya, langsung ke Dekannya saja,” singkatnya. (*)

Komentar