oleh

Sri Dwi Yanti Ilham Sebut Desa Labbo Layak Sebagai Ikon Desa Pendidikan

Editor : Ashar Abdullah-Bantaeng, Daerah-

BANTAENG, BP – Sekitar 102 orang pelajar asal di Desa Labbo, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng menerima beasiswa prestasi.

Beasiswa ini diserahkan secara simbolis Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten Bantaeng, Sri Dwi Yanti Ilham didampingi Ketua TP PKK Desa Labbo, Andi Khaerunnisa dan Kades Labbo, Sirajuddin Umar, di Aula Kantor Desa Labbo, Sabtu (2/2).

Kades Labbo menjelaskan bahwa beasiswa itu sudah dianggarkan dan diserahkan selama 4 tahun berturut-turut.

Pihaknya menggelontorkan anggaran mencapai puluhan juta yang diperuntukkan bagi siswa/siswi berprestasi di desanya.

“Tahun ini yang keempat pembagian beasiswa kita yang dianggarkan di APBD Desa setiap tahunnya melalui Dana Desa,” katanya.

Dikatakan jika penyalurannya setiap tahun dilakukan Tim Penggerak PKK Desa Labbo mengingat nomenklatur penganggaran PKK di desa tidak ada. Tahun ini beasiswa terendah sebesar 200 ribu Rupiah dan 340 ribu Rupiah untuk pelajar Sekolah Dasar (SD).

Sementara pelajar SMP menerima 380 ribu Rupiah hingga 420 ribu Rupiah dan bagi pelajar Aliyah pada interval 420 sampai 480 ribu Rupiah.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kabupaten Bantaeng menegaskan jika Labbo layak sebagai ikon Desa Pendidikan.

Tak hanya di Kabupaten Bantaeng, bisa jadi di SulSel (Sulawesi Selatan) karena baru satu-satunya di SulSel yang telah menerbitkan buku.

Diketahui Desa Labbo telah melaunching buku bertajuk “Literasi Dari Desa Labbo” sekitar Januari 2019. Buku ini memuat tulisan-tulisan hasil karya murni dari masyarakat Desa Labbo.

“Berbanggalah kita masyarakat di Desa Labbo. Harusnya Labbo ini kita jadikan ikon Desa Pendidikan,” ujarnya.

Ada 8 sekolah di desa di pedalaman Kabupaten Bantaeng itu yakni SD Inpres Ganting, SDN 59 Labbo, SD Inpres Panjang, SD Inpres Kasimburang, MIS Al-Hidayah, SMP Negeri 3 Tompobulu, MTs As’adiyah Pattiro dan MA As’adiyah Pattiro. (*)

Komentar