oleh

Dishub Uji Coba Parkir Area Alun-alun Kota Parepare

Editor : Lukman Maddu-Daerah, Parepare-

PAREPARE, BP – Menindaklanjuti Peraturan Walikota Nomor 18 Tahun 2018, tentang adanya lahan parkir sekitar 120 meter di Area Lapangan Andi Makkasau Parepare, Dinas Perhubungan Kota Parepare langsung mengambil langkah.

Terlihat, pada Sabtu malam (2/2/2019), beberapa petugas berseragam dari Dinas Perhubungan Kota Parepare, turun melakukan penjagaan di sekitar gerbang selatan Lapangan Andi Makkasau.

Kehadiran para petugas Dishub itu ternyata masih mengundang polemik dan masih mendapatkan penilaian negatif dari para pengunjung kawasan Alun-alun Kota.

Salah satunya, Ikhsan yang merupakan warga Parepare setelah memarkirkan kendaraannya mengatakan, kehadiran Petugas Parkir ini tentunya untuk mencegah dugaan pungutan liar (Pungli) dan memberikan pelayanan terhadap pengguna kendaraan yang parkir di tepi jalan umum, namun masih perlu diefektifkan.

“Kalau memang nantinya ini akan dipatenkan, kita bersyukur karena setidaknya uang kami sampai ke pemerintah kalau sudah bayar parkir. Tapi, ini masih perlu diefektifkan soal pengaturan kendaraannya,” ujar Ikhsan.

Lanjutnya, Pemerintah juga perlu memikirkan agar penerapan parkir di area lapangan ini, lebih maksimal jika diterapkan sistem parkir elektronik.

“Kalau petugas parkirnya cuma standby di gerbang masuk/keluar, kan tidak menjamin keamanan kendaraan atau helm kita. Pengguna motor kerap datang dan pergi tanpa diketahui petugas jaga parkir. Karena mereka tidak ada yang mengatur kendaraan di dalam,” pungkasnya.

Sementara Kepala UPTD Parkir Dinas Perhubungan Kota Parepare, Ridwan yang ditemui saat mengawasi Uji Coba Parkir tersebut mengatakan, Penerapan Parkir di Kawasan Lapangan Andi Makkasau ini merupakan uji coba, terkait adanya laporan warga jika kendaraan di dalam lapangan semakin tidak terkendali.

“Adanya laporan dari masyarakat, terkait semakin semrawutnya kendaraan di alun-alun kota. Makanya Pihak Dishub malam minggu langsung turun melihat kondisi sebenarnya untuk menertibkan kendaraan-kendaraan tersebut,” terang Ridwan.

Jika berhasil mengatasi kesemrawutan kendaraan di Area Lapangan ini, maka Pihak Dishub akan memasang marka jalan dan parkir tersebut akan dipatenkan. (*)

Komentar