oleh

Makassar Women Leaders Forum – AIMEP Australia Bahas Keragaman Budaya di IMMIM

Editor : Lukman Maddu-Metro-

MAKASSAR, BP – Tim Australia Indonesia Muslim Exchange Program (AIMEP) menggelar pertemuan dengan Forum Pemimpin Wanita Makassar atau Makassar Women Leaders. Pertemuan tersebut juga diisi dengan diskusi yang berlangsung di gedung DPP IMMIM jalan Jenderal Sudriman.

Diskusi tersebut bertajuk Merayakan Kekayaan Keberagaman Budaya Indonesia, yang dihadiri sejumlah tokoh agama Islam, Nasrani, Budha, Hindu dan puluhan tokoh wanita dari berbagai organisasi wanita di Makassar serta Alumni Short Term Australia Award yang tergabung dalam Makassar Women Leaders Forum (MWLF).

Ketua Panitia, Ir Hj Nurfajriah Fadeli Luran mengatakan diskusi ini merupakan dialog dan saling tukar pengalaman menghadapi keberagaman budaya.

“Dalam diskusi tersebut Pemberdayaan Perempuan dan Pemahaman Antar Agama, Keragaman Budaya dan Sejarah di Indonesia, Pendidikan dan Kurikulum, Kegiatan Sosial Keagamaan, serta Penguatan ekonomi ummat,” jelasnya, Selasa (5/2).

Nurfajriah yang akran disapa Ulfah itu menambahkan, diharapkan diskusi di IMMIM ini akan makin menambah pemahaman kita mengenai makna kata toleransi dan sinergi dalam keberagaman.

Selain itu juga mewujudkan networking (jaringan) dan semakin menambah erat persahabatan Australia-Indonesia.

“Mempererat silaturahmi antar kedua negara,” tambahnya.

Sementara, Konjen Australia, Richard Mattews menjelaskan, sudah tiga kali pemuda-pemudi Islam Australia ke Makassar. Bagi pemuda-pemudi Australia, selama ini Makassar sangat dikenal baik.

”Sulawesi merupakan salah satu pusat Islam bersejarah sejak abad 17 dan semangat berberagamaan sangat kuat. Bagi kami, hubungan baik Indonesia-Australia sangat penting lebih dieratkan. Itulah sebabnya, salah satu langkah, kami jalin kerjasama dengan IMMIM,” katanya.

Menyinggung kepemimpinan wanita, Konjen Richard Mattews menjelaskan, AIMEP merupakan program unggulan Australia -Indonesi Institute (AII) Departen Luar Negeri dan Perdagangan Australia.

Tujuannya, AIMEP membangun hubungan baik antar masyarakat Australia-Indonesia dengan mengundang tokoh muslim muda kedua negara untuk berpartisipasi dalam program pengkaderan kepemimpinan internasional. (*)

Komentar