oleh

Air Sungai Jeneberang Naik, Warga Mulai Cemas Lagi

Editor : Lukman Maddu-Metro-

MAKASSAR, BP – Curah hujan dengan intensitas ringan yang terus mengguyur Kota Makassar dan sekitarnya membuat debit air yang mengalir di sungai Jeneberang tak seperti biasanya.

Hujan yang mengguyur sejak Selasa dini hari hingga malam ini mengakibatkan air di sungai mengalami peningkatan dengan arus yang cukup deras.

Hal itu membuat tak sedikit warga yang tinggal di pinggir sunggai Jeneberang merasa khawatir dan ada pula memilih mengungsi.

Dari pantauan Bacapesan.com, air yang naik hampir menyentuh bangunan deretan rumah semi permanen milik warga yang bermukim di bawah tanggul Jl. Dg. Tata III.

Salah satu warga, Junardi mengatakan, air yang mulai naik membuat warga sekitar terus waspada. Bahkan beberapa warga mulai meningalkan rumahnya.

“Banyak warga yang takut, ada juga yang mengungsi ke rumah keluargnya. Mereka terus mengantisipasi sebelum air yang naik semakin tinggi,” katanya saat ditemui di lokasi, Selasa (5/2) malam

Juna sapaan akrab Junardi juga mengaku sangat khawatir dengan rumah milik saudaranya yang berada di tepi sungai tersebut. Pasalnya, rumah saudaranya pun sebelumnya pernah terendam banjir.

“Saya juga khawatir dengan kakak yang tinggal di sini karena sebelumnya rumahnya juga pernah terkena banjir samapai setinggi orang dewasa,”tambahnya

Menurutnya, meski begitu warga yang tinggal di sepanjang pinggir sungai Jeneberang agar tidak mudah merasa panik. Namun begitu, warga juga tetap melakukan antisipasi.

“Semoga tidak terjadi kembali, kalau begini kita jangan panik, tapi kita juga harus tetap waspada dan terus berdoa, Insya Allah tidak terjadi apa-apa,”kata Juna

Selain itu, Ia juga berharap pemerintah dapat segera memberikan imbauan terlebih dahulu sebelum terjadi status waspada.

“Kita harus tetap tenang sambil lakukan upaya antisipasi. Pemerintah pasti akan keluarkan Imbauan sebelum terjadi hal yang tidak diinginnkan,” pungkasnya

Hingga Rabu (6/2) dini hari hujan lebat disertai angin kencang dan petir mulai terjadi.

Badan Meteorelogi dan Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Makassar, melalui situs resminya juga telah mengeluarkan informasi perigatan dini cuaca di Sulsel.

Komentar