oleh

KPU Bantaeng Libatkan Parpol dan Caleg Bahas Data Pemilih

Editor : Lukman Maddu-Bantaeng-

BANTAENG, BP – KPU Bantaeng melakukan pertemuan dengan pimpinan partai politik. Hal itu dalam rangka sosialisasi penyelenggaraan Pemilu 2019 khususnya data pemilih. Kegiatan berlangsung di Aula Husni Kamil Malik, Kabupaten Bantaeng, Kamis (7/2) kemarin.

Sosialisasi tersebut terkait perlakukaan pemilih yang menggunakan hak pilihnya di TPS lain. Dengan alasan tertentu yang dibenarkan Undang-undang dan ketentuan yang berlaku.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Ketua, Sekretaris dan Ketua Bappilu masing-masing Parpol. Turut hadir pada kegiatan tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Bantaeng, Muhammmad M Saleh.

Ketua KPU Bantaeng, Hamzar Hamna menyampaikan tentang pentingnya setiap peran pimpinan parpol.

“Untuk mengetahui kebijakan-kebijakan aturan yang mengatur tentang Pindah Memilih dan turut memyampaikannya kepada anggota dan Calon Anggota Legislatif masing-masing Partai Politik,” kata dia.

Untuk itu ada syarat-syarat tertentu yang bisa menjadi alasan seorang pemilih menggunakan hak pilihnya di TPS lain.

“Serta jenis dan jumlah Surat Suara yang diterima oleh Pemilih ketika pindah ke Dapil yang sama dan Pindah ke Dapil yang berbeda,” kata Komisioner KPU Bantaeng Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Kasma Kompable.

Sedangkan Komisioner KPU Kabupaten Bantaeng Divisi Teknis Penyelenggaraan, Lukman HS dalam materinya memaparkan lebih teknis tentang perlakukan Surat Suara. Hal itu mengacu pada warna dan tatacara pencoblosan pada hari Pemungutan Suara.

“KPU Bantaeng berharap agar muatan materi yang disampaikan di sosialisasi ini, untuk diteruskan ke masing-masing anggota dan Calon Anggota Legislatif masing-masing Partai Poltik. Serta masyarakat luas, sehingga pelaksanaan tahapaan Pemilu 2019, terkhusus tentang perlakukan Pemilih yang akan Pindah Memilih, dapat dipahami dengan baik oleh semua kalangan, sehingga penyelenggaraan Pemilu 2019 berjalan sukses,” jelas Lukman. (Jejeth)

Komentar