oleh

Usir Pengawas Pemilu, Anggota DPRD Takalar Bakal Diproses Bawaslu

Editor : Lukman Maddu, Penulis : Supahrin-Takalar-

TAKALAR, BP – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Takalar akan menindaklanjuti dan memproses Anggota DPRD Takalar, Husniah Rachman Daeng Tayu.

Dimana Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Takalar mengusir anggota Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) Kelurahan Pattalassang, Mutammimah pada saat melakukan pengawasan.

“Pada saat itu, saya sebagai PPL Kelurahan Pattallassang melakukan pengawasan di kegiatan reses tentang penyelenggaraan administrasi kependudukan, yang dilakukan anggota DPRD Takalar, Husniah Rachman Daeng Tayu, di Kantor Lurah Pattalasang,” kata Mutammimah, Kamis (14/2).

Setelah sampai di dalam ruangan Mutammimah mengaku mengambil gambar dan terlebih dahulu meminta izin. Namun dirinya diusir dengan cara dibentak lalu meminta meninggalkan ruangan dan diancam akan dilaporkan di Bawaslu Takalar.

“Kalau mau ambil gambar silakan tinggalkan kegiatan ruangan in, kegiatan ini bukan kampanye,” gertak Husniah Rachman Daeng Tayu seperti ditirukan PPL Pattallassang.

“Saya kaget dan hampir juga tak bisa menahan amarah, tetapi saya berusaha tenang di hadapan warga yang hadir di kantor kelurahan Pattallassang, karena kedatangan saya kesana membawah lembaga Bawaslu dengan menggunakan baju Dinas Bawaslu, I’dicard PPL dan surat tugas sebagai pengawas pemilu,” ujarnya.

“Saya duduk sejenak untuk menenangkan diri dan beberapa saat kemudian saya kembali ke kantor dan melaporkan hal ini,” kesal Mutammimah.

Sementara Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran Panwas Kecamatana Pattalassang, Jamaluddin mengatakan, pihaknya akan meminta klarifikasi atas pengusiran ini. Menurutnya, Husniah keliru menafsirkan keberadaan anggotanya.

“Di undang-undang jelas kok. Setiap kegiatan anggota dewan saat ini harus diawasi. Kenapa? karena ditakutkan mereka nanti kampanye. Apalagi kalau reses. Dia bisa dikena pidana. Pakai fasilitas negara,” bebernya.

Komentar