oleh

KPU Sulsel Ambilalih Tugas dan Wewenang KPU Jeneponto

Editor : Lukman Maddu, Penulis : Jejeth-Politik-

JENEPONTO, BP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) secara resmi mengambil alih seluruh tugas, wewenang dan kewajiban KPU Jeneponto. Hal ini terjadi sekaitan dengan berakhirnya masa jabatan lima komisioner yang berakhir pada tanggal 15 Februari 2019.

Dalam suratnya yang tertanggal 11 Februari 2019, KPU RI mengeluarkan surat dengan nomor 249/SDM.13-SD/05/KPU/II/2019. Perihal surat menjelaskan bahwa pengambilan tugas, wewenang, dan kewajiban anggota KPU Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Sealatan.

Berikut isi suratnya :

Sehubungan dengan berakhirnya masa jabatan anggota KPU Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan Periode 2014 – 2019 pada tanggal 15 februari 2019, bersama ini disampaikan hal – hal sebagai berikut :

1. Berdasarkan ketentuan Pasal 555 ayat (3) Undang – undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum menyatakan bahwa apabila terjadi hal yang mengakibatkan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/kota tidak dapat melaksanakan tugasnya, KPU setingkat diatasnya melaksanakan tahapan penyelenggaraan pemilu untuk sementara waktu sampai dengan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/kota dapat melaksanakan tugasnya kembali;

2. Sehubungan dengan hal tersebut diatas,KPU provinsi Sulawesi selatan agar mengambil alih seluruh tugas, wewenang dan kewajiban KPU Kabupaten Jeneponto dimaksud sampai dengan terbentuknya anggota KPU jeneponto.

Surat tersebut juga ditandatangani langsung oleh Ketua KPU RI, Arief Budiman. Sementara itu, Sekretaris KPU Jeneponto, Ahmad Basri juga membenarkan surat tersebut. KPU Jeneponto untuk sementara akan diambilalih oleh KPU Sulsel.

“Untuk sementara KPU Jeneponto akan diambilalih oleh KPU Sulsel. Tahapan Pemilu 2019 akan terus berjalan sambil kita menunggu KPU RI mengumumkan dan melantik komisioner yang baru,” katanya, Jum’at, (15/2).

Saat ditanya terkait pengumuman dan pelantikan komisioner yang baru, ia belum bisa membeberkan. Ia masih menunggu keputusan KPU RI.

“Kalau itu (Pelantikan komisioner) saya tidak tahu karena itu kan wewenang dari KPU RI Ini hari penentuan KPU Sulsel untuk pengambilalihan KPU Jeneponto, apakah akan berbasis korwil atau bagaimana. Kami masih menunggu konfirmasi dari KPU Sulsel,” jelasnya. (*)

Komentar