oleh

Dokter RSU Wisata UIT Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Desa Rannaloe

Editor : Lukman Maddu-Gowa-

GOWA, BP – Rumah Sakit Umum Wisata UIT menggelar bakti sosial berupa pengobatan gratis dipimpin langsung Direktur Utama Dokter Marhaen Hardjo di Desa Rannaloe, merupakan desa yang terletak paling luar di kecamatan Bungaya.

“Pada saat musibah longsor melanda, desa ini terisolir selama 3 hari. Para relawan sangat sulit mencapai lokasi desa ini, dan harus berjalan kaki berjam-jam untuk membawa bantuan kepada para korban,” ujar Dr Marhaen.

Lanjut Dr Marhaen, kegiatan pelayanan kesehatan berlangsung mulai sore sampai malam. Kegiatan ini kata dia juga didukung pemilik dari Rumah Sakit Umum Wisata UIT Haji Haruna. “Beliau senang melihat ratusan warga sangat antusias untuk berobat sehingga terpaksa pelayanan kesehatan diteruskan ssmpai malam hari,” jelas alumni FK Unhas ini.

Dr Marhaen akan memimpin langsung rombongan baksos ini. Dalam rilisnya, alumni kedokteran unhas ini menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini selain pemeriksaan kesehatan juga diberikan bantuan berupa atap seng kepada korban tanah longsor di dua tempat tersebut. Selain itu akan dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan bekerja sama dengan Puskesmas Sapaya.

Lanjut Dr Marhaen, setelah melakukan koordinasi dengan Kepala Puskesmas Sapaya Kabupaten Gowa, Muhammad Ilyas, diperoleh informasi bahwa masyarakat korban longsor di Dusun Ranna Loe dan Kaluarrang sangat mengharapkan bantuan berupa atap seng dan obat-obatan untuk penyakit kulit dan influenza.

Sementara Kepala Divisi Non Medik Rumah Sakit Wisata UIT Dr Wachyudi Muchsin menambahkan, bahwa Tim medis rumah sakit Wisata UIT, sangat intens melakukan kegiatan bantuan medik kepada korban bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Gowa.

Hal ini kata dia, tidak terlepas karena adanya instruksi langsung dari H. Haruna, pemilik RS Wisata UIT. Dimana selaku owner sangat prihatin dengan musibah banjir dan tanah longsor yang melanda kabupaten Gowa beberapa waktu yang lalu.

Dokter Yudi menyebutkan, letak geografis Rumah Sakit Wisata UIT berada di ujung Selatan Makassar yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Gowa. Banyak pasien dan karyawan RS Wisata yang berasal dari Kabupaten Gowa.

Kepala Puskesmas Sapaya, Muhammad Ilyas, menceritakan ada 3 rumah tertimbun longsor di desa ini. Bahkan masih ada satu dusun yang belum bisa ditembus kendaraan motor sampai sekarang. Saat kejadian, jalan terputus, tertimbun longsoran dan batu sebesar kerbau.

Turut hadir Wakil Direktur Pelayanan Medik dan Non Medik Rumah Sakit UIT Dokter Anis, dan Ramil Bungaya, Pelda Muh. Amin, Kepala Dusun Kaluarrang Syaharuddin di Posko kesehatan di Desa Rannaloe yang terletak di dusun Tangkala’. (*)

Komentar