oleh

Berbeda Pandangan Dengan Wagub Sulsel, Victor Tolak Wisata Halal di Toraja

Ashar Abdullah and Cherly-Daerah, Headline, Tana Toraja-

TANA TORAJA, BP – Adanya pernyataan Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaeman yang ingin menjadikan Toraja sebagai wisata halal menimbulkan pro dan kontra yang datang dari berbagai kalangan di Toraja, bahkan viral dibicarakan di media sosial yang sebagian besar menolak konsep wisata halal tersebut.

Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara usai menghadiri pelantikan pengawas sekolah di Gedung Tammuan Malli Tana Toraja (28/2) mengatakan bahwa dirinya menolak konsep tersebut.

Menurutnya, wisata halal itu tidak bisa diterapkan di Toraja mengingat wisata halal itu memiliki beberapa kriteria yang harus dipenuhi, sementara di Toraja yang merupakan daerah wisata sejak dahulu itu tidak lepas dari budaya Toraja yang indentik dengan ‘makanan khas’ Toraja.

Victor menambahkan, yang harus didukung itu adalah penambahan rumah makan yang halal, sehingga wisatawan yang berkunjung ke Toraja tidak merasa kuatir makan di rumah makan yang bersertifikasi.

“Yang jadi persoalan di Toraja memang masih kekurangan rumah makan yang halal, olehnya itu kedepan pemda akan mendorong masyarakat untuk membuka rumah makan yang halal. Dan pemda akan mencoba menghadirkan rumah makan yang bersertifikasi halal demi untuk mendukung kemajuan wisata di Toraja, agar saudara kita yang muslim tidak merasa takut menyantap makan di Toraja ” ketus Victor.

Victor menuturkan, di Toraja, hotel – hotel yang ada seperti Misiliana Hotel, Pantan Hotel, Sahid Hotel dan beberapa hotel lainnya itu dijamin halal karena mereka mengikuti standar yang ada. “Saya berharap kepada Pemprov Sulsel akan mempertimbangkan konsep wisata halal di Toraja,” jelasnya. (*)

Komentar