oleh

Organda Torut Desak Pemkab Sikapi Tolak Wacana Wisata Halal

Ashar Abdullah and Cherly-Daerah, Tana Toraja, Toraja Utara-
TORAJA UTARA, BP – Wacana wisata halal yang akan dilakukan oleh Pemprov Sulsel dalam hal ini Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menuai protes penolakan oleh Forum Organisasi Mahasiswa Daerah (organda) Kabupaten Toraja Utara (Torut).
Puluhan koordiantor Organda Torut, Selasa (5/3) mendatangi Kantor DPRD Torut, yang diterima langsung Ketua Komisi I DPRD Torut, Paulus Tangke didampingi Wakil Ketua Komisi I, Andarias Sulle bersama Selfi Mangiwa.
Dalam kesempatan itu, Perwakilan Organda Torut, Aldio Parante mengatakan bahwa wacana wisata halal yang disampaikan Wagub Sulsel itu tidak bisa diterapkan di Toraja karena wisata Toraja tidak bisa dipisahkan dari budaya Torajayang telah dikenal dunia sejak ratusan tahun bahkan sebelum penjajah masuk ke Indonesia, olehnya itu sebagai generasi penerus Toraja menolak keras wacana itu.
” Budaya dan kearifan lokal yang dimiliki Toraja selama ini sangat membanggakan ,dimana dikenal memiliki toleransi yang tinggi dan hal ini yang terus kami pertahankan. Tetapi kami menolak jika wisata Toraja yang selama ini dikenal dunia mau dijadikan wisata halal, sebab pengertian dan pejabaran dalam wisata halal itu bertentangan dengan budaya kami, olehnya itu kami dari Organda mendesak pemkab untuk mengambil sikap,” pungkas Aldio.
Menanggapi hal itu, Paulus Tangke mendukung langkah mahasiswa tersebut yang tergabung dalam organda dan apa yang menjadi aspirasi mereka akan segera disampaikan ke Pemkab Torut dan diupayakan untuk di paripurnakan. (*)

Komentar