oleh

Rumah Warga di Desa Karelayu Kembali Terendam Banjir

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Ramlan-Daerah, Jeneponto-
JENEPONTO, BP – Sejumlah rumah warga di Dusun Layu, Desa Karelayu, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto kembali terendam banjir, Rabu (6/3) sekir pukul 17.15 wita.
Dari pantauan Bacapesan.com, banjir yang diperkirakan setinggi setengah meter itu terjadi akibat luapan air sungai yang tak jauh dari rumah warga.
Debit air sungai kecil yang mengalir deras dan meluap diduga berasal dari bagian hulu sungai setelah diguyur hujan.
Akibatnya beberapa warga yang berada di atas rumah rumah panggung semi permanen terpaksa tetap bertahan dan harus menunggu hingga air surut.
Namun tidak sedikit pula warga memilih menyelamatkan barang berharganya ke rumah yang terbilang jauh dari potensi terdampak banjir.
Kepala Desa Karelayu, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto, Manggasingi mengatakan, banjir ini bukan kali pertama terjadi. Menurutnya, rumah warga yang terletak di bilangan sungai telah menjadi langganan banjir saat musim hujan.
“Banjir ini murni karena faktor alam, kita berdoa saja agar air cepat surut, Insya Allah semua akan selamat dari akibat banjir ini,”katanya kepada Bacapesan.com
Meski begitu, Kepala Desa Dua Periode itu mengimbau kepada seluruh masyarakat Desa Karelayu agar tetap waspada dan mengantisipasi terjadinya volume air yang lebih tinggi.
“Saya mengimbau kepada warga yang berada di sekitar sungai agar tetap tenang namun tetap waspada. Saya juga telah menyiapkan tempat untuk menyelamatkan kendaraan dan barang berharga lainnya, silakan bawa ke rumah secepatnya,”pungkasnya. (*)

Komentar