oleh

Hadiri Upacara Adat Marusu, SYL Dijuluki Tokoh Bangsa

Editor : Lukman Maddu-Politik-

MAROS, BP – Mantan Gubernur dua periode Sulawesi Selatan (Sulsel), Syahrul Yasin Limpo (SYL) dijuluki sebagai Tokoh Bangsa.

Hal itu disampaikan langsung kerajaan adat Marusu XXI Andi Waris Tajudding Karaeng Sioja, pada saat SYL menghadiri upacara adat “Kattobokko”.

“Kami bangga atas kedatangan Pak Syahrul, sebagai tokoh bangsa kami,” kata Andi Waris Tajudding, di rumah adat Marusu, Kelurahan Baju Bodoa, Kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros, Rabu (03/04/2019).

Ia menjelaskan, Kattobokko artinya adalah panen raya yang diselenggarakan tiap tahunnya oleh masyarakat Maros.

“Upacara ini digelar tiap tahunya oleh masyarakat Maros. Sebelum melakukan hasil panen, masyarakat melakukan upacara ini sebagai tanda akan melakukan panen raya,” ungkapnya.

Andi Waris mengatakan, upacara ini sebagai bentuk melestarikan adat dan budaya agar nantinya tidak punah.

“Adat dan budaya Marusu ini perlu dilestarikan, karena perkembangan jaman bakal terkikis jika tidak kita jaga baik. Warisan budaya ini cukup kaya dengan berbagai nilai-nilai leluhur. Dan ini perlu dijaga untuk anak cucu kita kedepan,” ujarnya.

Sementara SYL mengucapkan rasa terima kasih atas undangan bisa menghadiri upacara Panen Raya diselenggarakan Adat Marusu ini.

“Terima kasih kerajaan Marusu atas undangannya. Dan saya merasa terhormat atas kehadirinya,” ucapnya.

Dalam acara tersebut dihadiri berbagai perangkat Kerajaan yang ada di sulsel. Hadir pula jajaran pemerintahan kabupaten Maros.

Sebelumnya, SYL disambut langsung oleh adat Marusu XXI Andi Waris Tajudding Karaeng Sioja dan dipasangkan selendang sebagai bentuk tamu kehoramatan raja. (*)

Komentar